Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 28 November 2017 | 16:48 WIB
  • Penyimpangan Seks Penyebab Utama Penularan HIV

  • Oleh
    • Anisa Widiarini,
    • Diza Liane Sahputri
Penyimpangan Seks Penyebab Utama Penularan HIV
Photo :
  • REUTERS/Navesh Chitrakar
hari hiv/aids

VIVA – Angka kasus HIV di dunia terus meningkat sepanjang tahun. Di Indonesia, meningkatnya angka tersebut dipicu oleh beberapa hal, salah satunya penyimpangan seks dari pekerja seks komersial dan hubungan seks antarpria.

Menurut Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan RI, dr. Wiendra Waworuntu, M. Kes, penyebaran HIV di Indonesia meningkat setiap tahunnya. Hal ini dipicu oleh hadirnya peningkatan kelompok kunci penularan HIV yaitu PSK dan kelompok homoseksual.

"Epidemi HIV di Indonesia masuk sebagai epidemi terkonsentrasi. Di mana, prevalensi HIV tertinggi ada pada kelompok populasi PSK dan meningkat pada kelompok seks antarpria," ujar Wiendra, ditemui di kawasan Senayan, Jakarta.

Wiendra menjelaskan, kasus HIV hingga Juli 2017 semakin terus meningkat hingga 255 ribu kasus. Sedangkan 40 ribu di antaranya, disebabkan oleh penularan dari hubungan seksual.

"Sebagian besar penularan HIV terjadi di Indonesia masih melalui hubungan seks. Hal ini dilakukan baik pada kelompok heteroseks maupun homoseks," ujarnya.

Wiendra juga menuturkan, usia menjadi faktor krusial dari penularan HIV. Tercatat, usia produktif di Tanah Air menjadi kelompok usia penularan HIV tertinggi.

"Kelompok usia terbanyak yaitu usia produktif di usia 20-39 tahun di Indonesia. Penularan HIV di usia tersebut sangat tinggi," ujarnya.

Seperti yang diketahui bahwa saat ini faktor risiko infeksi HIV-AIDS tertinggi di Indonesia bukan lagi disebabkan oleh penggunaan jarum suntik, namun akibat hubungan seksual yang tidak terproteksi (Sebanyak 72,4 persen kejadian HIV di Indonesia disebabkan oleh hubungan seksual yang tidak terproteksi).