Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 30 November 2017 | 02:00 WIB
  • Kenali Tanda-tanda Pasangan Berperilaku Kasar

  • Oleh
    • Rochimawati,
    • Adinda Permatasari
Kenali Tanda-tanda Pasangan Berperilaku Kasar
Photo :
Ilustrasi pasangan membuat makanan bersama.

VIVA – Saat terlintas mengenai hubungan yang kasar, kita sering membayangkan lingkar mata hitam dan lebam-lebam. Meski kata-kata kasar seringkali berujung pada kekerasan fisik, tetapi kekasaran dalam hubungan tidak selalu dimulai dengan kekerasan fisik.

Pada kenyataannya, pelaku kekerasan seringkali menawan, perhatian, dan berlaku manis di awal hubungan. Orang punya sifat kasar, akan berusaha membuat merasa dihargai dan dicintai, sehingga Anda tidak akan menyadari dia tengah mengendalikan Anda. Terkadang, hingga semuanya sudah terlambat.

Meski demikian, ada beberapa tanda peringatan yang bisa diperhatikan, seperti dilansir dari laman The HuffPost.

Dia romantis

Dia akan membelikan bunga dan hadiah. Dia kemungkinan akan menjadi pria paling romantis yang pernah Anda kenal. Dia akan memberi perhatian dan membuat Anda merasa spesial dan diinginkan.

Dia butuh Anda untuk mempercayainya dan membangun perasaan kepadanya, karena ini akan lebih mudah baginya mengendalikan seseorang yang mencintainya. Dia akan membuat dunia Anda berputar pada dirinya.

Meskipun romantis tidak selalu menjadi tanda ada perilaku kasar. Tetapi, pelaku akan sering menggunakan hadiah dan romantisme ini untuk mengalihkan dari perilaku mengkhawatirkan lainnya, seperti pengendali dan kecemburuan.

Komitmen terlalu cepat

Dia akan mengaku jatuh cinta pada pandangan pertama, dan dia tidak bisa membayangkan hidup tanpa Anda. Dia akan membuat Anda melayang dan mengatakan tidak pernah mencintai siapa pun melebihi cintanya Anda.

Dia menekankan, ingin menjalin ikatan yang serius segera dan menikahi Anda. Dia ingin Anda mencintainya dan menjadi miliknya. Anda mungkin merasa hubungan berjalan terlalu cepat, jadi percayailah insting. 

Dia ingin Anda hanya miliknya

Dia akan menatap sangar pria lain yang melirik, dan Anda mungkin berpikir kecemburuan ini sesuatu yang manis, atau tanda cinta, mulanya.

Tapi tak lama, Anda akan dibuat merasa bersalah, karena menghabiskan waktu dengan sahabat atau keluarga. Dia akan menelepon atau mengirim SMS beberapa kali sehari, dan bisa menuduh Anda menggoda atau bahkan berselingkuh.

Alasan yang dikemukakannya adalah dia sangat mencintai Anda hingga tidak bisa melihat ada orang lain di dekat Anda. Selanjutnya, tidak ada yang bisa berada di samping Anda. Inilah permulaan dari isolasi diri.

Dia sangat fokus

Dia bisa marah jika Anda tidak meneleponnya segera atau jika pulang terlambat. Tetapi, alasannya adalah karena dia khawatir.  Lalu, dia akan mulai menanyakan siapa yang Anda temui, ke mana saja pergi, dan apa saja yang Anda lakukan. Dia akan menutupi kendalinya dengan kepedulian pada keselamatan Anda.

Dia juga mulai membuat keputusan buat Anda, siapa yang boleh ditemui dan ke mana pergi, dan mengklaim apa yang terbaik buat Anda. Lalu, Anda akan butuh izinnya untuk setiap keputusan yang diambil. Kendali Anda atas hidup Anda akan hilang, dan kekuatan serta kontrolnya yang akan menguasai .

Dia terkadang bersifat manis dan penyayang

Di satu waktu dia bersikap sangat sayang, tapi di waktu lain dia bisa menjatuhkan Anda. Membuat Anda merasa tidak bersalah, dan mengisolasi Anda. Dia akan membuat Anda percaya kalau memperlakukannya berbeda, mencintainya, dan memperlakukannya dengan lebih baik, dia akan bersikap penyayang setiap waktu.

Anda akan tetap bertahan karena harapan Anda pada pria yang dicintai, tapi akan menghabiskan sebagian besar waktu Anda berada di bawah kendali pria yang menyakiti Anda. Pada akhirnya, Anda tidak bisa melihat perbedaan sikapnya.

Dia merasa yang menjadi korban

Jika dia marah, dia akan menyalahkan Anda atas kemarahan dan tindakannya.  Dia mengharapkan Anda membuatnya senang dan terpenuhi segalanya.  Dan jika dia merasa tidak mendapatkan itu, dia akan menyalahkan Anda. 

Dia bisa meminta maaf atas karena telah berteriak, merendahkan,  dan menyakiti Anda,  tapi dia akan selalu mendapatkan cara untuk menjadikannya kesalahan Anda.

Dia bisa berkata 'aku lakukan ini karena sangat mencintaimu' atau 'aku harap kamu tidak membuatku lepas kendali'. Tapi,  pada akhirnya dia akan menyalahkan Anda karena membuatnya memukul Anda. 

Jika tanda-tanda di atas terjadi pada Anda, meski dia belum memukul Anda,  ini adalah kekerasan. Bagaimanapun prilaku kasar tidak bisa berubah, seberapa kuatnya Anda mencoba dan mencintainya. Dia mungkin mimpi indah yang menjadi nyata, tapi nanti dia akan berubah jadi mimpi terburuk.