Tips Hidup Sehat untuk Generasi Millenial yang Sibuk Lembur

ilustrasi kerja shift malam dan lembur
Sumber :
  • Pixabay/StartupstocksPhoto

VIVA – Kaum millennial atau kadang juga disebut dengan generasi Y adalah sekelompok orang yang lahir setelah Generasi X, yaitu orang yang lahir pada kisaran tahun 1980-2000an. Ini berarti kaum millenial adalah generasi muda yang berumur 17-37 pada tahun ini.

Tips Jalani Pola Hidup Sehat untuk Cegah Sakit Batu Ginjal

Generasi ini, punya kesibukan yang tinggi. Karena padatnya aktivitas memicu pola makan yang kurang sehat. Bahkan, banyaknya pekerjaan yang memicu lembur dan begadang makin berisiko mengudap makanan yang tidak sehat dengan alasan kepraktisan.

Lembur dan begadang biasanya sudah menjadi gaya hidup kekinian para generasi millenials. Seringkali, asupan yang kurang sehat menjadi teman di kala lembur di kantor.

11 Tips Hidup Sehat Supaya Terhindar dari Penyakit Menurut WHO

"Kalorinya pasti banyak yang masuk saat lembur dan pilihan makannya menjadi kurang sehat. Sebaiknya hindari jenis asupan karbohidrat tinggi seperti nasi goreng atau mie rebus," ujar pakar kesehatan umum di Rumah Sakit Ridwan, dr. Tri Maryani Kusuma, kepada VIVA.

Meski begitu, Tri memberikan rekomendasi makanan sehat yang juga masih memenuhi sumber gizi untuk tubuh. Salah satunya yaitu jenis makanan yang mengandung banyak sayur dan buah.

Hati-hati, Kerja Lembur Bisa Bikin Stres dan Gangguan Jantung

"Bikin salad apel saat lembur, itu sudah memenuhi kebutuhan karbohidrat dan vitamin di dalamnya. Saya tidak menyarankan konsumsi kopi, karena ditakutkan asam lambungnya naik," kata dia.

Selain itu, ia menyarankan membawa camilan seperti biskuit atau roti gandum untuk tetap mengisi kekosongan lambung. Sebab, kekosongan lambung juga bisa memicu peningkatan asam lambung.

"Karena, kalau perut dibiarkan kosong saat lembur bisa berisiko asam lambung naik. Apalagi kalau ditambah stres saat lembur, bisa memicu asam lambung makin naik. Jadi tetap diisi pakai camilan sehat," papar Tri. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya