Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Minggu, 3 Desember 2017 | 15:35 WIB
  • Waspadai 5 Gejala Serangan Flu yang Jarang Dikenali

  • Oleh
    • Tasya Paramitha,
    • Diza Liane Sahputri
Waspadai 5 Gejala Serangan Flu yang Jarang Dikenali
Photo :
  • Pixabay/ gfhjkm123
Ilustrasi flu berat.

VIVA – Cuaca yang tidak menentu membuat tubuh sulit beradaptasi. Tidak sedikit yang mengalami penurunan daya tahan tubuh dan tanpa disadari memicu flu.

"Tanda-tanda tubuh terjangkit flu mencakup gejala pada sistem pernapasan atas seperti sinus, hidung mampet, nyeri tenggorokan dan batuk, disertai demam," ujar tim medis darurat, Clifford Swap, MD.

Berikut tanda tubuh alami flu yang jarang disadari, dikutip dari laman Reader's Digest, Minggu, 3 Desember 2017.

Nyeri

Serangan nyeri di beberapa area tubuh, biasanya dianggap sepele. Gejala nyeri paling khas pada flu yaitu nyeri otot dan sendi di sekitar kepala, punggung, dan kaki.

Demam

Demam tinggi seringkali menyertai serangan flu pada tubuh. Bahkan, demam ini biasanya terjadi selama tujuh hari lamanya. Namun, jangan khawatir, demam ini terjadi sebagai bentuk pertahanan tubuh pada berbagai macam serangan virus.

Keringat dingin

Pertahanan sistem imun tubuh juga mencakup produksi keringat yang disertai hawa dingin. Hal ini biasanya terjadi karena timbulnya demam atau nyeri pada sendi dan otot.

Kelelahan berlebih

Kelelahan berlebihan hingga seminggu lamanya, menjadi gejala khas flu. Tidak hanya itu, rasa lelah ekstrem seringkali menyertai seperti ingin tidur seharian penuh.

Masalah pada perut

Virus yang masuk cenderung memberi masalah pada perut seperti mual, muntah, serta kram. Bahkan, diare juga cenderung menyerang saat tubuh terjangkit virus flu. (ase)