Waspadai 5 Gejala Serangan Flu yang Jarang Dikenali

Ilustrasi flu berat.
Sumber :
  • Pixabay/ gfhjkm123

VIVA – Cuaca yang tidak menentu membuat tubuh sulit beradaptasi. Tidak sedikit yang mengalami penurunan daya tahan tubuh dan tanpa disadari memicu flu.

Kenaikan Kasus di Musim Pancaroba, Bagaimana Jika Sakit Flu dan COVID-19 Bersamaan?

"Tanda-tanda tubuh terjangkit flu mencakup gejala pada sistem pernapasan atas seperti sinus, hidung mampet, nyeri tenggorokan dan batuk, disertai demam," ujar tim medis darurat, Clifford Swap, MD.

Berikut tanda tubuh alami flu yang jarang disadari, dikutip dari laman Reader's Digest, Minggu, 3 Desember 2017.

Studi: Bawang Putih Australia Bisa Membunuh COVID-19 dan Flu, Diklaim Manjur 99 Persen

Nyeri

Serangan nyeri di beberapa area tubuh, biasanya dianggap sepele. Gejala nyeri paling khas pada flu yaitu nyeri otot dan sendi di sekitar kepala, punggung, dan kaki.

Ratusan Burung Pipit di Balai Kota Cirebon Mati karena Cuaca Ekstrem

Demam

Demam tinggi seringkali menyertai serangan flu pada tubuh. Bahkan, demam ini biasanya terjadi selama tujuh hari lamanya. Namun, jangan khawatir, demam ini terjadi sebagai bentuk pertahanan tubuh pada berbagai macam serangan virus.

Keringat dingin

Pertahanan sistem imun tubuh juga mencakup produksi keringat yang disertai hawa dingin. Hal ini biasanya terjadi karena timbulnya demam atau nyeri pada sendi dan otot.

Kelelahan berlebih

Kelelahan berlebihan hingga seminggu lamanya, menjadi gejala khas flu. Tidak hanya itu, rasa lelah ekstrem seringkali menyertai seperti ingin tidur seharian penuh.

Masalah pada perut

Virus yang masuk cenderung memberi masalah pada perut seperti mual, muntah, serta kram. Bahkan, diare juga cenderung menyerang saat tubuh terjangkit virus flu. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya