Di Semarang Pasien Penderita Kanker Bisa Berobat Gratis

Ilustrasi kanker payudara
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Wali Kota Semarang Jawa Tengah Hendrar Prihadi menjamin pengobatan gratis bagi warga penderita kanker di wilayahnya. Pengobatan gratis itu diberikan seiring tingginya angka penyakit tersebut, khususnya kanker payudara yang menjadi momok menakutkan bagi perempuan.

10 Cara Mengurangi Risiko Kanker, Murah dan Mudah Dilakukan

Jaminan pengobatan gratis penyakit kanker dibuat melalui program Universal Health Coverage (UHC). Program berobat gratis itu sebelumnya telah menyasar seluruh warga di kota Semarang untuk bisa berobat gratis di seluruh puskesmas dan rumah sakit.

Menurut Wali Kota, jaminan pengobatan gratis bagi penderita penyakit kanker karena melihat tren penyakit kanker payudara di Kota Semarang yang cukup memprihatinkan. Di tahun 2014 jumlah penderita penyakit ini amat tinggi yaitu sebanyak 1.157 kasus.

Daun Sirsak dan Kulit Manggis Hanya Mitos Obat Kanker, Ini Kata Dokter

Meski sempat turun menjadi 654 kasus di tahun 2015, namun jumlahnya kembali meningkat di tahun 2016 dengan 749 kasus.

"Saya amat prihatin dengan kejadian ini. Maka dari itu harus ada langkah solusi untuk mengurangi bersama-sama, " jelas Hendrar di Semarang, Selasa, 5 Desember 2017.

Pakar Sebut Pasien Kanker yang Meninggal Bukan Karena Kanker Melainkan Serangan Jantung dan Stroke

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi (tengah)

Wali Kota Semarang Jawa Tengah Hendrar Prihadi. FOTO: VIVA/Dwi Royanto

Karena itu, kata Hendrar, program UHC yang sebelumnya diluncurkan dapat memberikan penanganan yang sifatnya lebih ke arah pencegahan atau preventif dan pengobatan atau kuratif secara gratis.

"Paling tidak minimal melakukan tindakan preventif dengan melakukan deteksi dini pemeriksaan payudara, " ujarnya.

Dalam praktiknya, semua fasilitas progam ini diberikan secara gratis tanpa syarat-syarat apapun. Namun bila penderita dinyatakan kanker stadium lanjut Pemerintah Kota Semarang tetap memberikan fasiltas berobat dan kemoterapi gratis fasilitas di perawatan kelas tiga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya