Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 7 Desember 2017 | 00:02 WIB
  • 5 Kebiasan Sebelum Tidur Orang Sukses agar Lebih Produktif

  • Oleh
    • Daurina Lestari,
    • Ayu Utami Paramitha
5 Kebiasan Sebelum Tidur Orang Sukses agar Lebih Produktif
Photo :
  • pixabay/unsplash
Ilustrasi tidur.

VIVA – Pagi hari merupakan waktu yang penting untuk setiap harinya. Karena pada pagi hari lah waktu pertama kali Anda memulai aktivitas setiap harinya, karenanya pagi hari harus dipersiapkan dengan sebaik mungkin agar Anda memulai aktivitas yang berkualitas.

Salah satu yang membuat pagi Anda menjadi berkualitas adalah bagaimana Anda mengatur waktu istirahat Anda di malam hari. Seperti yang dilansir dari Real Simple, Rabu, 6 Desember 2017, beberapa rutinitas sebelum tidur orang penting di dunia ini dapat menjadi referensi yang baik dalam mengatur aktivitas yang baik sebelum tidur agar mendapatkan pagi yang lebih berkualitas.

1. Mematikan telepon genggam

Segala jenis aktivitas sebelum tidur seperti melihat Instagram, atau bermain game sebelum tidur dapat mengganggu pola tidur Anda terutama cahaya yang dipancarkan dari telepon genggam dapat mengganggu produksi melatonin otak, sebuah hormon yang memberitahu tubuh kapan untuk tidur, dan bangun.  

Sebaiknya sebelum tidur berhenti sejenak dan mematikan ponsel, seperti yang dilakukan oleh CEO Thrive Global dan mantan editor kepala Huffington Post, Arianna. Ia mematikan semua perangkat sebelum tidur setiap malam sehingga dia beristirahat dengan tenang.

2. Ungkapkan rasa sayang kepada orang yang Anda sayangi

Berkomunikasi sangat diperlukan oleh manusia, karena dengan berkomunikasi manusia dapat berbagi keluh kesah. Dengan berkomunikasi dengan orang yang Anda sayangi dapat memberikan rasa nyaman, dan tenang. 

Hal itu lah yang juga dilakukan oleh mantan Presiden Amerika, Barak Obama, dengan sang istri. Setiap malam sebelum tidur ia tidak lupa mengucapkan rasa sayangnya kepada istrinya membicarakan hal-hal sehari-hari dan saling berbagi setiap harinya.

3. Lakukan meditasi

Seperti yang dilakukan oleh sutradara dan produser terkenal David Lynch. Buatlah nuansa relaksasi seperti mandi menggunakan air hangat, mendengarkan lagu lembut dan yang lainnya. Ciptakan rasa tenang dan menyenangkan sebelum tertidur untuk menghilangkan stres.

4. Membaca buku

Letakkan ponsel Anda dan segala aktivitas malam untuk mulai membaca selembar demi selembar buku favorit Anda. Seperti yang dilakukan oleh pendiri Microsoft Bill Gates, menurutnya membaca setidaknya satu jam sebelum tidur itu dapat memberikan inspirasi, dan ide besar kepada Anda dalam tidur.

5. Bersyukur

Bersyukur merupakan salah satu cara yang dapat menciptakan kualitas tidur yang nyenyak. Karena rasa bahagia dapat menghilangkan perasan negatif menjadi positif di hidup Anda. Seperti yang dilakukan oleh produser, aktris, pengusaha wanita, dan pembawa acara terkenal, Oprah Winfrey. Setiap malamnya ia menuliskan lima hal yang dia syukuri yang telah dirinya lakukan sebelum tidur.