Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 8 Desember 2017 | 04:05 WIB
  • Trik Bercinta yang Bikin Awet Muda

  • Oleh
    • Anisa Widiarini,
    • Diza Liane Sahputri
Trik Bercinta yang Bikin Awet Muda
Photo :
  • Pixabay/pexels
Ilustrasi wanita.

VIVA – Bercinta dengan pasangan terkasih, terbukti memberikan ragam manfaat baik, seperti meningkatkan mood dan membakar lemak. Tidak hanya itu, penelitian terbaru juga menemukan bahwa bercinta bisa bikin tubuh makin awet muda.

Dilansir dari laman Reader's Digest, kabar baik dari penelitian terbaru, bercinta minimal satu kali dalam seminggu, dapat membuat panjang umur. Studi yang dilakukan oleh peneliti di University of California, San Francisco, menganalisa pola bercinta dari 129 ibu dalam satu minggu.

Para partisipan melaporkan hubungan percintaannya secara keseluruhan yang mencakup kepuasan bercinta, konflik, dukungan pasangan, serta keintiman hubungan. Setelahnya, peneliti melakukan analisa pada tes darah yang diambil dari masing-masing partisipan.

Para ibu yang melaporkan menjalani momen bercinta minimal sekali seminggu, memiliki telomeres yang lebih panjang (bagian di sel tubuh yang berfungsi sebagai penuaan) dibandingkan mereka yang tidak bercinta sekali dalam seminggu. Bagian telomeres ini terbukti berperan besar dalam usia tubuh seseorang.

Telomeres diketahui akan cepat pecah sebagai dampak dari penuaan usia seseorang, pola makan yang buruk, serta konsumsi alkohol. Hasil studi itu menemukan, bercinta minimal sekali seminggu, dapat mencegah telomeres untuk pecah dan bahkan memperpanjang ukurannya, yang berarti membuat tubuh awet muda.

Terlebih, penelitian sebelumnya juga menyarankan, bercinta setidaknya sekali seminggu, mampu memberikan efek baik pada tubuh. Namun, peneliti belum menelusuri lebih lanjut dampak buruk pada pasangan yang tidak rutin bercinta dalam seminggu. (asp)