Takut Gemuk? Waspada Obesophobia

Ilustrasi wanita gemuk.
Sumber :
  • Pixabay/renepfister

VIVA – Memiliki tubuh langsing bak model, seringkali menjadi dambaan banyak orang. Karena citra tubuh tersebut, seringkali membuat orang melakukan diet berlebihan. Tak jarang, mereka pun mengalami ketakutan, sangat takut tubuhnya gemuk.

Viral Video Pria Bakar Diri di Pinrang Sulawesi Selatan, Begini Faktanya

Ini merupakan salah satu gangguan jiwa. Dalam istilah medis disebut Obesophobia. Orang yang mengalami masalah gangguan jiwa ini, sangat takut melihat berat badan bertambah atau bentuk tubuhnya terlihat gemuk.

"Ciri-cirinya, dia sangat nahan banget jumlah kalori yang masuk. Sering menahan makan," kata Dokter Spesialis Kejiwaan, dr. Guntara Hari, Sp.KJ dalam tayangan Ayo Hidup Sehat di tvOne, Jumat, 8 Desember 2017.   

Terkuak, Identitas Pria yang Nekat Terobos Istana Negara pada Malam Takbiran

Salah satu kelainan yang muncul, dr Hari mencontohkan, "Orang ini selalu takut gemuk. Dia, enggak bisa lihat dia kurus, selalu merasa dirinya gemuk. Langsung stres kalau dibilang gemuk," katanya.

Karena merasa takut makan berlebih, hal ini pun memicu penderita obesophobia mudah terserang penyakit, mudah capek, tubuhnya sangat kurus. "Sampai ke tahap secara emosi dia merasa gampang tersinggung, gampang kesal, kurang percaya diri dan bahkan sering sekali menarik diri."

Pemuda di Karawang Alami Gangguan Jiwa Diduga Usai Belajar Ilmu Tasawuf

Dijelaskan pula oleh dr Hari, biasanya obesophobia dipicu oleh lingkungan. "Kadang penyebabnya tuntutan dari lingkungan. Misalnya artis atau model, enggak boleh gemuk, jadi dia berusaha untuk selalu ramping."

Ilustrasi polisi amankan ODGJ

Detik-Detik Wanita ODGJ Ngamuk Rusak Minimarket di Bekasi, Pemotor Dipukuli

Viral di media sosial, wanita yang diduga orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) mengamuk di kawasan Babelan, Kabupaten Bekasi, merusak minimarket hingga memukul pemotor yang

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024