Hypnobirthing Hilangkan Kecemasan Ibu Saat Melahirkan

Ilustrasi ibu hamil.
Sumber :
  • Pixabay/Pexels

VIVA – Melahirkan menjadi momen yang paling ditunggu oleh orangtua. Hal ini dikarenakan, waktu mereka segera menjumpai sang anak.

Sule dan Nathalie Holscher Dikaruniai Anak Pertama, Ini Potretnya

Namun, tak sedikit dari ibu yang menganggap proses persalinan sebagai sesuatu yang menakutkan. Hal ini pun berdampak pada sang ibu memilih proses persalinan secara caesar. 

Sekarang ada sebuah metode yang bisa menghilangkan rasa ketakutan atau kecemasan akan sakit, yang akan dirasakan selama proses persalinan. Metode itu adalah hypnobirthing atau upaya alami menanamkan niat positif untuk memperlancar proses kehamilan.

Nella kharisma Lahirkan Anak Pertama dari Dory Harsa

"Hypnobrithing itu adalah hipnosis dan birthing. Jadi hipnoterapi yang diberikan atau dilatihkan ke ibu hamil supaya saat persalinan berjalan lancar dan meminimalkan trauma," ungkap salah satu praktisi hypnobirthing sekaligus pemilik Pro V Clinic (Holistic Care), Lanny Kuswandi  kepada VIVA saat ditemui di Hotel Pullman Jakarta, Sabtu 9 Desember 2017.

Dia pun menjelaskan metode ini pun nantinya memprogram alam bawah sadar ibu hamil agar merasa rileks dan nyaman, sehingga mereka tidak takut atau khawatir sakit selama proses persalinan. Hal ini mengingat, kondisi tenang sangat dibutuhkan saat bersalin. Jika sang ibu tenang, aura positif akan mendukung saat ibu bersalin. 

3 Orang Tua di Medan Sudah Rencanakan Melahirkan saat HUT RI ke-75

"Melahirkan di alam bawah sadar hampir semua bilang nyeri. Kami harus reprograming juga dengan mengondisikan ibu itu rileks. Kami kasih sugesti positif," katanya.

Dia menjelaskan, di dalam tubuh manusia adanya endorphin atau morfin alami yang bisa meredakan nyeri saat melahirkan. Ia pun menjelaskan, untuk terapi ini dilakukan saat sedini mungkin. 

"Kalau kondisi stresnya enggak terlalu mendalam biasanya hanya mendengarkan CD, kalau mendalam butuh pendampingan terapis dengan sugesti, syaratnya harus masuk ke dalam tahap rileksasi dalam dari alfa, sampai ke delta," katanya.

Hypnobirthing ini, diutarakannya, dapat dilatih dan dipraktikkan sendiri di rumah. "Nanti bisa latih di rumah sendiri. Kami kasih CD, panduan kasih daftar yang harus dilakukan supaya bisa dilakukan di rumah," ucapnya.

Ia pun menambahkan, untuk menjalani treatment ini, sang suami harus ikut mendampingi. Upaya ini dimaksudkan agar sang suami dapat memberikan dorongan positif terhadap sang istri.

"Suami mendampingi. Di era holistik ini lebih menghayati pikiran, energi. Kalau aura suami negatif istri berpengaruh saat melahirkan, suami jadi pendamping untuk ingetin tarik napas, ingetin untuk rileks," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya