4 Buah Segar untuk Gigi Sehat

semangka
Sumber :
  • istockphoto

VIVAlife - Demi menjaga kesehatan mulut dan gigi, bukan hanya dengan menyikat gigi setelah makan dan sebelum tidur. Selain itu, ada cara lain untuk menjaga kesehatan gigi dan menjaganya selalu tetap kuat. 

Gangguan pada gigi banyak dipicu karena adanya bakteri di sela-sela gigi, di balik gusi, dan ujung akar gigi. Tentunya akan dengan mudah membuat gigi berlubang. Oleh karena itu, diperlukan nutrisi yang baik demi menjaga kualitas gigi dan membersihkannya. Konsumsi saja empat buah-buahan ini sesering mungkin.

Stroberi
Selain memiliki kemampuan untuk mengaktifkan antioksidan dan enzim dalam tubuh, stroberi juga mengandung asam malat yang membantu menghilangkan noda di permukaan gigi.

Atap RS Bunda Margonda Jebol Dihantam Hujan Badai, Begini Kondisinya

Untuk menguatkan sekaligus membersihkan plak gigi, seperti dikutip dari Intoday, Anda dapat menggunakan sedikit baking soda kemudian sikat dengan lembut hingga lima menit.

Semangka

Buah berwarna merah dengan kandungan air cukup tinggi ini memiliki sejumlah manfaat bagi tubuh. Selain baik untuk melindungi jantung dan pereda hipertensi, semangka juga kaya akan vitamin C yang baik untuk menjaga kesehatan mulut. Mengonsumsi semangka secara rutin sama dengan membantu membersihkan gigi Anda  sekaligus menjaga kesehatan gusinya.

Jeruk

Vitamin C yang terdapat pada jeruk dapat membuat Anda selalu tampak segar dan sehat. Asam sitrat dalam jeruk juga membantu mengontrol kadar keasaman dalam mulut Anda. Cara kerjanya ketika Anda mulai mengonsumsinya, saat itu pula air liur mulai terdorong masuk ke dalam tubuh. Dengan begitu, jeruk dapat menjadi 'obat kumur' andalan.

Apel

Para ilmuwan memperkirakan bahwa bahwa apel memiliki kalsium yang mampu menetralkan asam, menguatkan jaringan tulang, termasuk gigi. Walau apel memiliki kadar asam yang  tinggi, tak dianjurkan untuk mengunyah apel dengan lambat.

Namun kunyahlah apel dengan lebih cepat, karena dapat membantu membersihkan plak yang terletak di dekat garis gusi. Dengan begitu, Anda dapat terhindar dari gigi berlubang. (eh)

Sandra Dewi dan Harvey Moeis

Terpopuler: Pendakwah yang Diduga Terlibat Kasus Korupsi sampai Chicco Jerikho Sakit Sepsis

Round-up dari kanal Showbiz pada Rabu, 17 April 2024. Salah satunya tentang pendakwah yang diduga terlibat kasus korupsi suami Sandra Dewi dan Chicco Jerikho yang sakit.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024