Kencur, Cara Ita Purnamasari Jaga Kualitas Suara

Kencur
Sumber :
  • jagotani.com

VIVAlife- Selama puluhan tahun berkarier, Ita Purnamasari masih memiliki kualitas suara yang sama. Ia memang sangat menjaga pita suara, aset terpentingnya sebagai penyanyi.

Ita juga yakin, cara tradisional adalah rahasia terbaik menjaga kualitas suaranya, yakni dengan mengkonsumsi kencur.

Uniknya, istri dari Dwiki Darmawan ini bukan meminum hasil olahan kencur seperti pada umumnya. Perempuan asal Surabaya, Jawa Timur itu justru langsung mengunyah kencur dalam mulutnya.

"Makan ya, bukan diminum. Karena kalau dikonsumsi langsung, khasiatnya lebih terasa dibanding dicampur dengan jamu atau dalam bentuk perasan," terangnya saat ditemui di kawasan Wachid Hasyim, Jakarta Pusat.

Ita sudah menjadikan hal itu sebagai kebiasaan. Sejak masih muda, Ita sudah sering mengkonsumsi kencur. Tips ini, katanya,  didapat langsung dari penyanyi legendaris bersuara tinggi, Hetty Koes Endang.

"Memang mujarab banget, tenggorokan rasanya plong dan nyanyi jadi enteng," ia berkomentar.

Biasanya, jika mendapat job menyanyi, ia akan mengunyah bumbu dapur itu beberapa hari sebelum pentas. Terkadang, ia bahkan mengkonsumsi kencur tepat sebelum menyanyi.

Baginya, kencur bukan hanya bermanfaat bagi suara, tetapi juga kesehatan secara umum. Tak heran, Ita selalu terlihat segar dan enerjik.

Selain mengkonsumsi bahan tradisional, tentu Ita juga terus melatih vokalnya. Setiap pagi, ia selalu melakukan pemanasan vokal dengan piano.

"Itu dilakukan setiap hari ya. Saya juga nyanyinya pakai nada tinggi, biar pita suaranya tetap terlatih," sebutnya. Bukan hanya sekali atau dua kali, Ita melakukannya setiap hari dan berulang-ulang. (eh)

Viral Kisah Pengantin Perempuan di Purwakarta Diberi Mahar Emas Palsu oleh Oknum Polisi
Walikota Medan, Bobby Nasution.(B.S.Putra/VIVA)

Bobby Nasution Bilang Ada Partai Berikan Tugas ke Dia Maju di Pilgub Sumatera Utara

Bobby Nasution mengatakan selain secara lisan seperti Golkar juga memberikan surat penugasan untuk maju di Pilgub Sumatera Utara. Tapi, dia enggan menyebut partai lainnya

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024