Studi: Penyuka Sayuran & Buah Lebih Optimis

Ilustrasi Sayur
Sumber :
  • REUTERS/Mike Blake/Files

VIVAlife - Orang yang banyak makan buah dan sayuran ternyata cenderung lebih optimis tentang masa depan mereka. Para peneliti menemukan, orang-orang optimis memiliki kadar karotenoid yang lebih tinggi dalam darah mereka.

Karotenoid yang umum dikenal seperti beta-karoten, banyak ditemukan pada jeruk, sayuran, dan sayur berdaun serta hijau. Adapun manfaat beta-karoten bagi kesehatan terletak pada antioksidan yang membantu menjaga molekul lain di dalam tubuh dari memproduksi radikal bebas yang dapat merusak sel-sel.

"Individu dengan optimisme yang lebih besar cenderung memiliki tingkat karotenoid seperti beta-karoten lebih tinggi," kata ketua penelitian dari Harvard School of Public Health, Julia Boehm, seperti dilansir laman Daily Mail.

Menurut Boehm, ini merupakan penelitian pertama dari sejenisnya yang melaporkan adanya hubungan antara optimisme dan tingkat konsentrasi karotenoid sehat. Penelitian sendiri dilakukan dengan mengevaluasi konsentrasi sembilan antioksidan, termasuk karotenoid seperti beta-karoten dan vitamin E dalam darah di lebih dari 1.000 pria dan wanita Amerika dengan usia 25-74 tahun.

Para peserta diminta mengisi kuesioner tentang gaya hidup mereka dan menyediakan contoh darah bagi para peneliti. Dalam penelitian ini, para peneliti juga mengukur tingkat optimisme peserta.

Jurus Turunkan Berat Badan Pakai Protein

Hasilnya, mereka menemukan bahwa orang yang lebih optimis memiliki peningkatan konsentrasi karotenoid dalam darah hingga 13 persen dibandingkan orang yang kurang optimis. Para peneliti pun yakin bahwa tingkat konsumsi buah dan sayuran yang lebih tinggi di kalangan orang optimis setidaknya menjelaskan sebagian hasil penelitian.

Para peneliti juga menemukan bahwa orang yang makan dua porsi atau kurang buah dan sayuran sehari secara signifikan kurang optimis dibandingkan orang yang makan sayuran dan buah dengan tiga porsi atau lebih sehari.

Mereka menambahkan bahwa hubungan antara tingkat optimisme dan karotenoid sebagian dijelaskan oleh fakta bahwa lebih banyak orang optimis cenderung menjalani gaya hidup sehat, seperti makan buah-buahan dan sayuran serta menghindari rokok.

Bra

Cup Bra Terlalu Besar Picu Gangguan Kesehatan

Bra yang tidak pas dapat berpengaruh pada postur dan organ internal.

img_title
VIVA.co.id
7 Juni 2013