Ini Bahaya Konsumsi Kecap Berlebih

Ilustrasi hidangan berbumbu kecap
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVAlife - Seorang pemuda berusia 19 tahun dilarikan ke rumah sakit setelah mengalami hypernatremia. Gangguan tubuh karena terlalu banyak kandungan garam dalam darah. Penyebabnya, pemuda tersebut mengkonsumsi kecap asin berlebih.
Marah Anggotanya Disiksa, ISIS Rilis Video Ancam Bunuh Presiden Putin: Berhenti Siksa Anggota Kami!

Hal itu bermula saat pemuda tersebut ditantang rekannya meminum kecap, Ia menegak langsung hingga seperempat botol. Tak lama setelah mengonsumsi, pemuda tersebut mengalami kejang hebat. Kemudian ia dilarikan ke rumah sakit MedStar Georgetown University di Washington, D.C, Amerika Serikat.
Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Hypernatremia merupakan penyakit sangat berbahaya yang menyebabkan otak kehilangan kandungan air. Hal ini disebabkan karena darah yang mengandung garam akan menjadi terlalu kental, sehingga darah akan menyerap air dalam tubuh untuk kembali mengencerkan.
Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia

Dilansir Huffingtonpost, efek samping selain otak kehilangan air, organ tubuh lainnya akan mengecil dan berdarah. Hal inilah yang menyebabkan kegagalan organ hingga berujung kematian.

Dokter pun melakukan pertolongan pertama dengan memberikan pengobatan anti-kejang. Kemudian dilanjutkan dengan mengeluarkan garam dari tubuh pemuda tersebut menggunakan cairan khusus yang mengandung gula dekstrosa sebanyak 6 liter.

Beruntung pemuda ini selamat dari hypernatremia setelah mengalami koma selama 3 hari. Ia pun telah kembali ke bangku kuliah untuk melakukan ujian akhir. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya