FOTO: Caneles, Kue Mungil Sekelas Macaroon

Caneles, Kue Prancis
Sumber :
  • REUTERS/Regis Duvignau
VIVAlife - Di kalangan pecinta kuliner, Perancis dikenal sebagai negara pemilik bermacam dessert penggugah selera. Sebut saja macaron, meringue, dan souffle. Sebenarnya ada satu lagi jenis dessert yang tak kalah menarik, yakni canele atau caneles.
Terungkap! Ini Identitas Selebgram Terjerat Kasus Narkoba di Jaksel, Salah Satunya Chandrika Chika

Kue ini memang tidak seterkenal yang lain, bentuknya pun mungil. Hanya berbentuk silinder seukuran sekitar dua inci atau lima sentimeter. Berwarna kecokelatan dengan isi krim custard.
Gugatan PDIP Diterima PTUN, Gayus Lumbunn: Permononan Kami Layak untuk Diproses

Lihat foto
Menko Airlangga Bertemu Menlu Singapura, Optimis Kerja Sama Bilateral Kedua Negara Terjalin Kuat

Caneles pertama kali tercipta di daerah Bordeaux, Perancis. Namun, saat ini dapat dengan mudah ditemukan di berbagai toko kue dan restoran di seluruh Perancis. Secara tradisional, kue ini dijual per delapan atau 15 buah. Masyarakat lokal biasa membelinya untuk teman menikmati teh atau sarapan. 

Rasanya yang manis membuat hidangan ini sangat digemari di Perancis. Cara membuatnya pun terbilang mudah. Bahan-bahan berupa telur, gula, susu dan tepung dicampurkan kemudian ditambah rum dan vanili untuk cita rasa dan aroma yang lebih lezat. Adonan lalu dimasukkan ke dalam cetakan dan dipanggang dalam oven. (eh)





Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya