Tergiur Cita Rasa Lima Hidangan Eksotis Kamboja

Fish amok
Sumber :
  • kambodia.net

VIVAlife - Kuliner Kamboja bisa dibilang tidak begitu populer di dunia jika dibandingkan dengan kuliner yang hampir sejenis seperti Thailand dan Vietnam. Padahal, negara ini juga memiliki beragam hidangan lezat yang tak kalah segar dan eksotis.

Penyerang AC Milan Rafael Leao Bisa Dapat Ballon d'Or

Umumnya, hidangan Kamboja menggunakan berbagai jenis sayuran dan seafood segar yang dimasak tidak terlalu lama sehingga cita rasa alaminya masih terasa. Jika berencana mengunjungi Kamboja, terdapat beberapa hidangan khas yang wajib Anda cicipi seperti dilansir laman CNN.

- Ikan kukus

Biasa disebut fish amok, hidangan ini merupakan salah satu kuliner Kamboja yang paling populer. Sebenarnya, ikan kukus tersebut hampir sama denngan otak-otak ikan di Indonesia. Daging ikan dihaluskan lalu diberi slok ngor, jenis rempah lokal yang memiliki sedikit cita rasa pahit.

Is It Eating Ramen Good for Your Health Body?

Ikan yang telah halus juga diberi santan dan kroeung, bumbu kari yang terbuat dari serai, kunyit, bawang putih, bawang merah, lengkuas dan jahe China. Setelah tercampur rata, ikan kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dikukus hingga matang. Banyak pula restoran di Kamboja yang menyajikan hidangan ini dalam bentuk sup dengan kuah kental yang menggugah selera.

- Salad daging sapi

Salad biasanya diberi sedikit daging ayam, salmon atau udang. Namun, di Kamboja terdapat hidangan salad yang menggunakan daging sapi sebagai bahan utamanya.

Daging biasanya diiris tipis-tipis dan dimasak sebentar diatas api atau dimasak gaya ceviche, yaitu memarinasinya terlebih dahulu dengan air perasan jeruk nipis. Sayur-sayurannya sendiri biasanya terdiri dari serai, bawang merah, bawang putih, daun kemangi, mint, kacang hijau dan paprika hijau yang diberi sedikit kecap ikan. Seringkali salad ini juga ditambahkan irisan cabai rawit.

 - Tumis semut merah

Hampir sama dengan hidangan Asia lainnya, di Kamboja Anda juga dapat menemukan banyak restoran atau kedai makan yang menjual hidangan yang terdiri dari serangga atau tarantula. Salah satu yang paling populer yakni semut merah yang ditumis dengan daging sapi dan daun kemangi.

Namanya Masuk Bursa Cagub DKI, Heru Budi: Pak Arifin Satpol PP Juga Berpotensi

Semut merah yang digunakan biasanya beragam bentuk semut merah yang hidup di pohon-pohon. Tumisan ini juga ditambahkan dengan bumbu lain seperti bawang putih, bawang merah, serai dan jahe. Hidangan ini juga merupakan hidangan aromatik yang biasa disajikan dengan sepiring nasi putih. Terkadang, semut-semut yang masih berbentuk larva juga digunakan untuk memasak tumisan ini.

- Ikan goreng hot plate

Di Kamboja, santan tidak begitu sering digunakan untuk memasak hidangan sehari-hari. Namun disimpan untuk memasak hidangan yang biasa disajikan di acara-acara tertentu. Salah satu hidangan yang lazim disajikan pada acara-acara khusus yakni ikan goreng hot plate.

Ikan biasanya hanya dibersihkan dan dimasak dalam bentuk utuh. Cara memasaknya yakni digoreng deep-fried dan setelah matang baru dipindahkan ke hot plate dengan saus kari kuning yang terbuat dari campuran bumbu, rempah dan cabai. Hidangan ini juga umumnya disajikan bersama nasi, mi dan kembang kol yang juga dimasak bersama saus kari.

- Sate cumi

Di kota-kota pinggir laut kamboja sepert Sihanoukville dan Kep, Anda akan menemukan banyak penjual makanan laut yang membawa serta panggangan tradisional dan kayu untuk membakar seafood. Salah satu makanan laut yang banyak dijajakan yakni sate cumi.

Cumi-cumi biasanya diberikan air perasan jeruk nipis dan kecap ikan dan ditusukkan ke tusuk sate dan dibakar hingga matang. Sate cumi ini juga seringkali dihidangkan bersama saus lezat yang terbuat dari campuran bawang putih, cabai segar, kecap ikan, air perasan jeruk nipis dan gula.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya