Tips Memasak Bacem dari Juru Masak Senior

Ayam Bacem
Sumber :
  • VIVAnews/Tasya Paramitha
VIVAlife - Di antara beragam menu kuliner tradisional dari seluruh nusantara, menu-menu dari tanah Jawa memang begitu akrab di lidah. Cita rasa manis menjadi karakteristik rasa yang paling dominan di dalam masakan tradisional Jawa. Hal ini, membuat menu asal Jawa memiliki kombinasi rasa asin, manis dan gurih yang pas.
Otorita IKN Dukung Pengembangan Ekosistem Startup di IKN

Seperti masakan bacem yang telah menjadi favorit banyak orang. Selain biasa disantap sebagai lauk nasi, bahan makanan yang umum dimasak bacem seperti tahu dan tempe juga dapat dijadikan camilan lezat, apalagi jika dinikmati bersama sambal atau cabai rawit.
29 Pati TNI Naik Pangkat Satu Tingkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

Sayangnya, saat ini, bacem tidak terlalu sering dijumpai dalam menu sehari-hari di rumah, karena teknik meracik dan mengolahnya cukup menantang.
Kronologi Pengeroyokan 4 Pria di Depan Polres Jakpus yang Dipicu Pemukulan Terhadap Anggota TNI

"Memasak bacem itu untuk ibu-ibu zaman sekarang terbilang rumit. Teknik mengolahnya juga spesifik jadi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan," ujar Sisca Soewitomo, juru masak senior Indonesia saat ditemui dalam acara peluncuran Bango Bumbu Bacem di Kembang Goela, Sudirman, Jakarta Selatan, Kamis 11 Desember 2014.

Bagi Anda yang sering merasa kesulitan saat memasak bacem, tak perlu khawatir. Wanita yang akrab disapa Bu Sisca itu berbagi tips kepada VIVAalife.

Tahu tempe bacem

Membacem termasuk salah satu teknik slow cooking, sehingga saat merebus tahu, tempe atau bahan makanan lain dengan bumbu bacem disarankan untuk menggunakan api kecil agar bumbu-bumbu dapat meresap secara maksimal.

"Tidak perlu sampai airnya mendidih. Cukup shimmering saja," ujar Sisca.

Anda juga bisa menambahkan sedikit air kelapa, agar cita rasa menu macem menjadi lebih gurih. Untuk gula, disarankan menggunakan gula aren yang lebih kaya rasa.

Sisca juga menambahkan bahwa saat mengungkep, atau merebus, pastikan semua bahan makanan tertutup air.

"Jangan cuma separo airnya supaya bumbu lebih meresap. Kalau airnya masih tersisa bisa kembali digunakan untuk membacem bahan lain," ujarnya.

Sedangkan untuk waktu merebus, menurut Sisca, tergantung banyaknya bahan dan besarnya api. Yang pasti, semua bahan diungkep hingga berubah warna menjadi gelap dan airnya berkurang.

Selalu awasi masakan saat membacem. Bahan makanan yang dimasak bacem mudah gosong, karena menggunakan gula. Begitu pula saat menggoreng. Walaupun tempe, atau tahu bisa langsung disantap setelah selesai diungkep, namun akan lebih lezat jika digoreng sebentar.

"Tidak perlu lama menggoreng, karena justru akan menyerap minyak. Cukup sampai terkaramelisasi," katanya. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya