Menakjubkan! Anggur Merah Turunkan Berat Badan

Ilustrasi red wine atau anggur merah
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id -  Minuman beralkohol memang berdampak memabukkan, namun tidak semuanya membahayakan. Arak anggur merah (red wine), misalnya.

Kakek ini Klaim Bisa Hidup 107 tahun Berkat 'Anggur Merah'

Bila diminum secara proporsional, dengan takaran tertentu dan teratur, anggur merah dapat meningkatkan kesehatan dan membantu pembakaran lemak. 

Menurut penelitian The Journal of Nutritional Biochemistry, para peneliti memperingatkan bahwa bahan kimia dalam buah anggur berwarna gelap tidak terlalu menjanjikan penurunan berat badan.

Cantik dalam 7 Hari dengan Anggur Merah

"Kami tidak terlalu berharap senyawa ini dapat menurunkan berat badan berlebih," kata Neil Shay, ahli biokimia dan biologi molekuler dari Oregon State University, Amerika Serikat, seperti dilansir laman Times of India.

Tetapi dengan meningkatkan pembakaran lemak, terutama di hati, anggur merah dapat memperbaiki fungsi hati. "Jika kita bisa mengembangkan strategi diet untuk mengurangi akumulasi berbahaya dari lemak di hati, mengkonsumsi anggur merah akan lebih baik,” tambahnya.

Tampil Cantik Alami dengan Buah Anggur

Salah satu bahan kimia di anggur Muscadine, asam ellagic, terbukti sangat ampuh. Hal demikian dapat memperlambat pertumbuhan sel-sel lemak yang ada dan pembentukan yang baru, dan juga meningkatkan metabolisme asam lemak dalam sel hati.

Mereka juga melakukan eksperimen dengan tikus dengan ekstrak anggur Pinot noir. Beberapa tikus diberi makan normal "mouse chow" yang mengandung 10 persen lemak.

Sisanya diberi makan lemak sebanyak 60 persen. Diet yang tidak sehat yang akan mengakibatkan lemak menumpuk dan berakibat kelebihan berat badan pada manusia.

Lebih dari 10 minggu percobaan, tikus dengan kadar lemak tinggi lemak mengalami gejala. Tapi tikus gemuk yang menerima ekstrak akumulasi lemak yang sedikit pada hati mereka, mengalami gula darah rendah, dibandingkan dengan tikus yang mengkonsumsi lemak tinggi. (ren)

Laporan : Nuvola Gloria

Baca juga:



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya