Guru dan Orangtua Juga Butuh Ilmu Mendidik Anak

Ibu dan anak.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Menjadi orangtua bukan hanya perkara mengurus, membesarkan dan memenuhi kebutuhan sang buah hati. Setiap orangtua juga wajib mendidik anak-anak mereka agar menjadi pribadi yang baik dan berguna bagi keluarga serta lingkungan sekitar.

Namun, pendidikan anak pun bukan hanya menjadi tanggung jawab orangtua, melainkan juga para guru dan pendidik di sekolah. Nah, sekolah satu ini memiliki pendidikan khusus bagi orang tua murid dan guru mengenai hal-hal seputar mendidik anak.

Sekolah itu dinamakan Sekolah Cikal, yang merupakan komunitas pembelajaran seumur hidup bagi orangtua, murid, tim pekerja, sekaligus kesempatan berbagi dengan masyarakat di luar sekolah.

"Orangtua punya pelatihan wajib. Isunya sesuai dengan usia anak. Kalau gurunya melakukan pelatihan di Kampus Guru Cikal. Kami juga sering mengadakan talkshow tentang parenting," ujar Pia Adiprima, Kepala Sekolah Cikal kepada VIVA.co.id di Street Gallery, Pondok Indah, Minggu sore, 28 Februari 2016.

Lalu mengapa guru dan orangtua juga butuh pendidikan untuk mendidik anak?

"Kecenderungannya kita mengajar seperti kita diajari dulu. Itu sudah enggak laku. Seiring perkembangan zaman, kebutuhan anak berubah dan meningkat, jadi kita harus menyesuaikan," ujar Pia.

Dia mengatakan, mayoritas pendidik di Sekolah Cikal memiliki latar belakang ilmu psikologi. Itu agar mereka dapat memahami kebutuhan anak yang bisa menunjang tumbuh kembang mereka.

Menurut Pia, ada beberapa topik pelatihan wajib bagi orang tua dan guru di Sekolah Cikal agar lebih kompeten dalam mendidik anak, antara lain mengenai keterampilan baca tulis, cara penyelesaian masalah, seks dan hubungan antar manusia, literasi media, memupuk kemandirian anak serta masih banyak lagi.

"Pelatihan ini sangat penting, terutama untuk para orangtua muda yang belum berpengalaman mendidik anak," ucap Pia.

Sekolah Cikal juga memiliki program menarik, di mana mereka berbagi pengalaman mengenai hal-hal seputar parenting kepada masyarakat luas di luar komunitas Cikal.

"Kami ada program #ngorbit setiap hari Minggu jam 9 malam. Jadi, ada tanya jawab dan berbagi pengetahuan tentang parenting di Twitter," kata dia.

Cara Shahnaz Haque Pilih Pendidikan untuk Anak
Peresmian PAUD Percontohan

Stimulasi Kepintaran Anak Lewat Membaca

Orangtua bisa menstimulasi word smart anak dengan cara membaca.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016