VIDEO: Menikmati Kuliner Khas Padang di Kramat Raya

Takjil di Kramat Raya
Sumber :
  • VIVA.co.id

VIVA.co.id – Anda ingin mencicipi aneka kuliner khas Padang sebagai takjil saat berbuka puasa? Datang saja ke kawasan Kramat Raya, Senen, Jakarta Pusat. Di sepanjang trotoarnya, Anda akan dibuat lapar mata dengan deretan penjual yang menjajakan lemang tapai, bubur kampiun, hingga nasi kapau.

Polisi Selidiki Kasus Dugaan Warga Jember Keracunan Usai Makan Takjil Gratis

Lemang tapai adalah kuliner padang yang cukup unik, karena proses pembakarannya yang menggunakan bambu panjang sebagai cetakannya. Berbahan dasar beras ketan putih, lemang sangat cocok disantap dengan ketan hitam manis atau dengan bumbu rendang daging.

Dijual dengan harga Rp30 ribu per bambu, lemang tapai yang dijajakan disini akan dikeluarkan dari bambu dan dipotong-potong terlebih dahulu oleh penjualnya, sebelum siap disantap pembeli.

Makin Memanas, Ini Tanggapan Mamah Dedeh Soal Nonis Berburu Takjil

Senang menyantap makanan manis sebagai takjil? Bubur kampiun khas padang wajib Anda coba. Bubur sumsum putih yang disajikan dengan kuah gula merah ini dilengkapi dengan isian lainnya seperti ketan putih, potongan buah pisang, dan srikaya. Satu porsi bubur kampiun ini dijual dengan harga Rp15 ribu saja.  

Pilihan menu khas Padang lainnya yang lebih mengenyangkan adalah Nasi Kapau. Sekilas, sajian nasi ini tampak mirip dengan nasi Padang pada umumnya. Namun ternyata, nasi kapau tidak sama dengan nasi Padang.

6 Takjil Rendah Kalori Untuk Menjaga Berat Badan Ideal

Penataan sajian lauk pada nasi kapau disusun sejajar, tidak bertingkat seperti di warung-warung nasi Padang. Hampir semua menu lauk pauk pada nasi kapau mengunakan bahan tambahan berupa kelapa parut untuk memunculkan cita rasa gurih.

Lauk daging rendang pada nasi kapau juga berbeda dengan nasi Padang, karena dicampurkan dengan potongan kentang. Satu porsi nasi kapau disini, dijual dengan harga beragam tergantung variasi lauk yang dipilih.
 

Laporan: Pranamya Dewati

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya