Tanpa Asisten Rumah Tangga, Siapa Takut!

Ilustrasi alat pembersih rumah.
Sumber :
  • Pixabay/Condesign

VIVA.co.id –  Cucian segunung, setrika menumpuk, piring kotor menanti dicuci, rumah kotor dan berantakan. Belum lagi anak menangis, ditambah bayangan soal 'si mbak' yang tidak kembali ketika anak-anak masuk sekolah mulai ada di benak para ibu ketika akan ditinggalkan pembantu mudik ke kampung halaman sepekan sebelum Lebaran.

Alice Norin Kasih Tips Tak Khawatir Pakai Jasa Suster Infal

Melihat kondisi rumah bagai kapal pecah, tentu akan membuat para ibu merasa kesal, dan seringkali terbawa emosi.

Bayangan itu terus menghantui para ibu, dan membuat gusar. Setiap tahun menjelang dan paska Lebaran, ketiadaan asisten rumah tangga sering membuat mereka kewalahan mengurus tetek bengek rumah.

Tips Bersihkan Rumah Hingga ke Celah-celah Terkecil

Selama ini, mayoritas keluarga di Indonesia menganggap ART bagian penting dari keluarga. ART adalah orang yang dibayar untuk mengerjakan seluruh pekerjaan rutin rumah mulai dari menyapu, mengepel, mencuci, memasak dan menjaga anak-anak di rumah.

Tak heran jika selama ini masih banyak para keluarga di Indonesia, menganggap ART sebagai tulang punggung kelangsungan roda kehidupan keluarga. Mereka menjadi sangat tergantung dengan keberadaan ART.

5 Manfaat Buah Lemon untuk Membersihkan Rumah

Pentingnya peran ART diakui Yolanda, ibu rumah tangga beranak dua. Ia sangat tergantung dengan keberadaan ARY. Selama ini, ia bahkan menggunakan dua jasa ART untuk mengurus semua kebutuhan rumah tangganya sehari-hari. Dia menyiapkan anggaran sekitar Rp3 juta untuk kedua ART-nya.

Saat pembantu akan mudik, dia juga harus menyiapkan Tunjangan Hari Raya, di luar buah tangan untuk keluarga mereka di kampung halaman. Ini selalu dilakukan, agar asistennya kembali bekerja setelah libur Lebaran usai. Maklum katanya, saat ini, banyak ART yang enggan kembali bekerja setelah libur Lebaran usai. Mereka, rata-rata mencari induk semang lain yang berani membayarnya lebih mahal.

Meski statusnya sebagai ibu rumah tangga yang tak bekerja, Yolanda mengaku selalu kerepotan mengurus rumah. Apalagi, dua anaknya masih kecil. Ditambah lagi, sang suami, jarang di rumah karena pekerjaannya yang mengharuskan dia berpindah lokasi dari kota satu ke kota lainnya.

"Yang bikin repot itu kalau cucian menumpuk, apalagi ada bayi. Kalau anak sudah besar, mungkin saya nggak pakai jasa ART. Masalah ini ada menurutku untuk yang punya bayi dan balita," katanya seraya menceritakan bagaimana repotnya saat ditinggal asisten mudik ke kampung halaman.

Rumah kotor, anak menangis dan harus mempersiapkan kebutuhan bayi saat akan bersilaturahmi di hari Lebaran, tentu membuatnya sangat membutuhkan bantuan jasa pembantu. Maka tak heran, setiap kali ART mudik ke kampung halaman, dia harus mencari bantuan jasa pembantu infal. Mahal tak jadi soal, asal urusan pekerjaan rumah tangga dan urusan mengurus anak lancar.

Biasanya, asisten infal dibutuhkan selama 10 hari, saat para ART bertemu keluarga di kampung halaman. Meski hanya 10 hari, namun biayanya cukup mahal.

"Pengalamanku, saat pakai jasa pembantu infal bayarannya lebih mahal dari PRT-ku. Karena pembantu infal dibayarnya harian. Satu hari bisa Rp150 ribu," kata Yolanda.

Beruntung, bukan hal yang sulit bagi Yolanda untuk mendapatkan jasa ART infal. Setiap tahun, dia punya langganan penyalur yang sudah dipercaya. "Gampang dapatnya lewat makelar yang sudah langganan. Dan makelar ini selalu seleksi pekerja dan majikannya, nggak asal pilih," katanya.

Ia pun mengaku merasa lebih nyaman menggunakan jasa pembantu infal yang menginap di rumah. Sebab, mereka bisa membantu kapan saja saat dibutuhkan.

"Dan biasanya, pembantu infal itu sudah tahu apa tugas-tugasnya tanpa harus diperintah ini itu. Yang penting kita nggak sembarang cari pembantu, karena takut panjang tangan atau pembantu punya niat jahat," katanya.

Solusi Tanpa ART

Bagi mereka yang tak biasa dengan keberadaan orang baru di rumah, mungkin adanya ART infal bisa membuatnya merasa tak nyaman.

Lalu, bagaimana, jika pada akhirnya sang ART yang sangat dipercaya bakal kembali ke  setelah libur Lebaran, ternyata tak kunjung datang? Tentu ini membuat para ibu harus kembali berjuang mencari pengganti.

Namun jika ART baru tak kunjung didapat, tidak ada salahnya mengerjakan segala urusan rumah tangga sendiri. Meski awalnya babak belur karena harus bekerja membersihkan rumah sendiri, memasak, mencuci baju, setrika, lama kelamaan hal itu menjadi sesuatu yang biasa dan tak lagi melelahkan.

Kuncinya dengan membuat cara dan jadwal kerja yang efektif. Sekeluarga harus bisa bekerja sama dalam membagi pekerjaan rumah tangga. Diperlukan pengertian yang baik di antara sesama anggota keluarga. Sehingga jika sebelum dan sesudah Lebaran kebanyakan keluarga panik ditinggalkan pembantunya mudik, maka dengan adanya pembagian kerja, hal itu mungkin tak akan terasa.

Pikirkan, bahwa akan ada banyak keuntungan saat memulai hidup tanpa pembantu. Uang yang biasanya dipakai untuk THR dan biaya transportasi pembantu mudik yang biasanya cukup besar, kini bisa dialihkan untuk liburan keluarga.

Jasa Laundry

Saat harus mandiri tanpa pembantu, cucian yang menumpuk dan setrika yang menggunung seringkali dikeluhkan para anggota keluarga.

Namun, sekarang, hal itu bukanlah pekerjaan yang sulit dilakukan, karena kini, semakin menjamur jasa layanan cuci dan setrika di tempat laundry.

Saat Lebaran dan pembantu mudik pun, jasa ini bisa dimanfaatkan. Bertha, pengelola jasa laundry Simply Fresh yang berlokasi di Komplek Ruko Pesona Khayangan Blok. A No.11, Jl. Tembus Sentosa Raya, Depok, menyatakan, saat Lebaran, jasa cuci baju dan setrika ini tetap buka.

Namun diakuinya, jumlah orderan justru meningkat setelah Hari Raya Idul Fitri. Bertha memastikan tidak menaikkan harga, meski bakal ramai saat momen Lebaran. "Harga tetap sama, perkilo gramnya Rp10 ribu, tapi kalau harga satuan beda-beda.

Tipe layanan yang ditawarkannya pun mulai dari laundry dan dry clean. Bahkan, disediakan jasa antar jemput untuk wilayah sekitar Simply Fresh terdekat. "Jadi ada layanan antar jemputnya juga, tapi misalnya, sekitar Pesona Khayangan sama Griya. Antar jemputnya juga ada ketentuan, biaya Rp10 ribu perkilo gram sudah sama antar jemput dan minimal cucian seberat lima kilogram," kata dia.

Tak hanya Simply Fresh yang menerima jasa laundry saat Lebaran. AA laundry yang dimiliki Andi berlokasi di Jl Kober Gang Mangga, Depok juga ikut menyediakan jasa layanan untuk cuci dan setrika.

Sejak 2009 layanan jasa ini berdiri. Bahkan tak hanya sekadar cuci baju dan setrika, di sini juga menerima layanan jasa cuci tas, bedcover, sepatu, boneka, karpet, jas dan gorden. Harga laundry juga sudah termasuk harga antar jemput.

"Itu ada radiusnya, wilayah Kober dan sekitarnya. Kalau di luar itu harga perkilogramnya berubah jadi tambah Rp2.000. Misalnya, ke Ciganjur jadi Rp8.000 perkilogramnya (dari harga awal Rp6.000 perkilogram)," katanya.

Diakui Andi, saat jelang Lebaran ataupun saat Lebaran, banyak yang meminta jasa layanan ekspres. Meski begitu, pihaknya tetap mengedepankan kualitas. Andi pun mengaku, orderan sangat ramai ketika akhir pekan. Dalam satu hari, pihaknya bisa menerima order hingga 50 kilogram. "Paling sedikit antara 25 kg-30 kg."

Meski hanya jasa laundry biasa tanpa dry clean, usaha ini berjalan lancar. "Kita pakai dua mesin cuci dan satu mesin pengering. Tiga-tiganya mesin besar."

Layanan Bersih-bersih

Mengerjakan pekerjaan rumah saat ini bukan lagi menjadi hal yang sulit. Adanya teknologi canggih, dengan bantuan sentuhan jari, semua pekerjaan rumah pun bisa beres.

Saat ini, banyak layanan aplikasi smartphone yang memudahkan para ibu rumah tangga membersihkan rumah. Salah satunya, layanan aplikasi GO-JEK. Tak hanya sekadar menawarkan layanan jasa transportasi, belakangan, GO-JEK juga menawarkan layanan lainnya termasuk untuk bersih-bersih rumah dengan layanan bernama GO-CLEAN. Meski layanan ini baru dibuka Oktober 2015, namun, hasil kerjanya bisa diandalkan.

"GO-CLEAN sendiri adalah layanan kebersihan profesional panggilan berbasis aplikasi yang tersedia di Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi," kata Media Relation GO-LIFE, dari GO-JEK, Yovita saat berbincang dengan VIVA.co.id.

Layanan yang ditawarkan tak hanya sekadar membersihkan ruang pribadi di rumah mulai dari menyapu, mengepel, membersihkan debu, dan merapikan ruangan untuk beragam tipe hunian (rumah, apartemen ataupun kost). Disediakan pula, layanan tambahan seperti mencuci piring, membersihkan lemari, kitchen set, kompor dan kulkas, serta menyetrika dan melipat baju.

Istimewanya lagi, layanan jasa ini menggunakan peralatan kebersihan berkualitas dan pelatih bersertifikat nasional untuk memastikan agar klien mendapatkan layanan terbaik.

"Jadi mereka yang menggunakan jasa kami tak perlu menyediakan alat kebersihan. Saat Lebaran nanti, ataupun setelahnya kami juga membuka layanan ini," kata Yovita lagi.

Untuk masalah biaya, lanjut Yovita, tarifnya dihitung per jam dengan biaya, Rp45 ribu per jamnya. GO-CLEAN juga tersedia dari pukul 06.00 pagi hingga 12.00 malam.

"Dengan banyaknya jumlah mitra profesional kami, Anda dijamin akan mendapat layanan kebersihan dimana pun dan kapan pun."

Untuk memesan layanan ini, caranya pun sangat mudah. Tak perlu ke luar rumah, hanya tinggal memesan lewat ponsel pintar. Yang pertama yang harus dilakukan saat akan melakukan layanan ini adalah:
1. Pilih GO-CLEAN, Unduh aplikasi GO-JEK dan pilih GO-CLEAN.
2. Pilih Tipe Hunian Anda, pilih tipe hunian yang ingin dibersihkan (rumah, apartemen,kost,kantor).
3. Pilih Layanan Kebersihan yang Anda Butuhkan, pilih tipe dan jumlah kamar dan sertakan layanan-layanan tambahan lain, seperti: pembersihan lemari, kulkas, kitchen set, kompor, cuci piring, hingga menyeterika dan melipat.
4. Tentukan Jadwal, masukkan hari dan waktu layanan kebersihan yang Anda inginkan. Anda pun bisa memasukan jadwal layanan mingguan hingga bulanan sesuai dengan kebutuhan.
5. Masukkan Alamat Anda, masukkan alamat hunian yang ingin dibersihkan.

Tak hanya GO-CLEAN, layanan bersih-bersih yang menggunakan teknologi canggih. Ada lagi, layanan berbasis website yang juga menawarkan jasa bersih-bersih rumah, yakni, bersihrapih.com.

Founder bersihrapih.com, Novel menjelaskan, layanan ini memiliki konsep beda dengan cleaning service yang hanya sapu dan pel.

"Kami ambil konsep general cleaning yaitu konsep membersihkan secara umum meliputi lantai, toilet, dapur, kaca, dapur basah dan kering, pokoknya bagian-bagian yang sulit dijangkau orang awam," terangnya pada VIVA.co.id.

Tak hanya itu, layanan ini juga membersihkan berdasarkan panggilan atau juga permintaan klien. "Kalau klien maunya hanya bersihkan beberapa tempat tertentu, kami bersihkan itu saja. Atau kalau mau seluruh rumah, kami pasti bersihkan tapi harganya pasti beda."

Tak hanya berlaku untuk membantu bersih-bersih rumah, namun juga bisa dimanfaatkan untuk bersih-bersih apartemen, perkantoran, kafe, resto, rumah ibadah, kampus dan tempat lainnya.

"Bisa juga membersihkan properti paska renovasi atau pembangunan. Yang dikerjakan membersihkan yang klien minta. Nggak hanya  dan kaca, tapi juga sofa, karpet, dll."

Untuk tarifnya, mulai dari Rp12 ribu per m2 dengan minimal luas bangunan atau lantai yang dibersihkan yaitu 100 m2 dengan harga minimum per order yaitu Rp750 ribu.

"Tapi harganya beda untuk rumah yang banyak barangnya, karena kami harus angkat-angkat barang kan butuh tenaga juga. Lebaran, hari libur, kapan saja terima order. Harga lebaran juga kami naikkan 30-40 persen," jelas Novel.

Novel pun mengatakan, layanan ini sudah dibuka sejak empat tahun yang lalu. Jadi jangan khawatir, Anda yang menjadi kliennya dijamin bakal puas. "Untuk buat klien puas dengan kebersihan rumahnya, kami juga membersihkan bagian-bagian yang biasanya ART jarang bersihkan, seperti teralis rumah. Jadi kami pasti bersihkan."

Diakui Novel, banyak klien menggunakan jasanya saat akhir pekan. Tak hanya itu, saat hari libur, hari raya bahkan tahun baru, layanannya selalu ramai dipesan. "Setiap hari pasti ada yang telepon untuk meminta jasa kami."

Untuk menggunakan jasa ini, peralatan bersih-bersih juga telah dipersiapkan. Sehingga, bagi pemesan, tak perlu menyediakan alat. "Peralatan kami bawa sendiri. Misal, sapu khusus bersihkan lantai porselen, marmer, kayu. Atau tangga yang kita bawa atau sewa untuk bersihin kaca yang tidak bisa dijangkau.Tapi jasa kami hanya untuk bersih rumah saja, tidak termasuk cuci baju atau setrika."

Lalu, bagaimana jika ingin menggunakan jasa ini? "Tahapannya: Telepon-konfirmasi alamat- survei oleh tim bersihrapih.com dua sampai empat orang, diskusi pembersihan yang diinginkan, penawaran harga dari kami, sepakat, bikin jadwal bersih-bersih yang kita dan klien bisa. Misal datang pada hari apa. Selesai bersih-bersih, serah terima, bayar dengan transfer," terang Novel.

Novel juga menjelaskan, khusus untuk pelanggan, tetap bisa mendapatkan diskon atau DP di awal setelah kesepakatan. Namun sayang, layanan jasa ini hanya melayani klien di wilayah Jabodetabek dan Bandung.

Makanan Ekspres

Mereka yang ditinggal para asisten mudik, biasanya tak hanya sekadar mengeluhkan soal cucian menumpuk, rumah kotor dan juga setrikaan yang menggunung. Saat Lebaran, pedagang sayur di pasar juga masih jarang yang buka. Alasan lain, malas memasak karena tak ada yang membantu, sehingga memilih makan di luar. Namun jika malas ke luar rumah, Anda bisa kembali memanfaatkan jari untuk memesan jasa layanan antar makanan lewat ponsel pintar.

Kini, banyak pula layanan aplikasi yang menawarkan ataupun menampilkan sejumlah restoran dengan pilihan menu beragam. Sehingga tanpa ART di rumah, perut juga tak akan keroncongan.

Lagi-lagi, layanan dari GO-JEK kini memudahkan banyak orang memesan makanan dari restoran manapun yang kita inginkan. Sebab, aplikasi ini juga memiliki jasa layanan GO-FOOD, yakni jasa layanan pesan antar makanan tanpa harus mengeluarkan banyak energi ke restoran. Layanan jasa ini juga memiliki lebih dari 30 ribu daftar restoran. Jadi, saat pembantu tak di rumah dan tidak ada yang memasakkan makanan, layanan ini bisa dimanfaatkan.

Tak hanya GO-FOOD, ingin makan enak juga bisa memesan lewat website Foodpanda. Layanan ini cocok bagi Anda yang tidak punya kesempatan untuk pergi ke luar rumah atau malas untuk ke luar membeli makanan. Foodpanda bisa Anda buka melalui aplikasi atau website di foodpanda.co.id. Cara pemesanannya pun mudah dan praktis dengan banyak pilihan restoran dengan aneka jenis masakan lezat.

Cara memesan makanan
1. Anda harus memiliki akun di layanan Foodpanda. Jika sudah memiliki akun tentukan lokasi tempat tinggal dengan mengisi kota dan area Anda.
2. Pilih restoran dan makanan yang ingin Anda pesan. Anda dapat mencari berdasarkan nama restoran, jenis makanan atau kata kucni lainnya.
3. Isi alamat, cara pembayaran dan nomor telepon dengan benar.

Cara Pembayaran
Terdapat beberapa cara untuk membayar pesanan Anda yaitu, bayar di tempat, kartu debit, online banking dan debit on delivery. Biaya pengiriman tergantung pada kebijakan restoran masing-masing. Ada beberapa restoran yang menggratiskan biaya pengiriman.

Menginap di Hotel dan Liburan

Lagi-lagi, bukan hal yang sulit hidup tanpa ART ketika Lebaran tiba. Jika ingin menjauh dari kondisi rumah yang berantakan, cucian kotor, dan lain sebagainya, kini, banyak pula sebagian besar orang memilih menginap di hotel. Atau bahkan, sengaja merencanakan libur panjang bersama keluarga ke luar negeri hingga pembantu kembali dari kampung halaman.

Data Panorama Tours,  mengungkapkan, banyak orang memilih berlibur saat pembantu mudik.

Irma, dari Panorama Tours Kantor Cabang Pasific Place kepada VIVA.co.id mengatakan, dilihat dari data pemesanan tiket, saat Lebaran tahun ini, banyak orang memilih liburan ke luar negeri. "Yang domestik justru kurang, hampir semua pemesan memilih ke luar negeri," kata Irma.

Negara seperti Korea Selatan dan Jepang menurutnya menjadi tujuan favorit liburan saat momen Lebaran. "Mereka rata-rata pesan untuk akhir Juni sampai awal Juli," ujarnya.
 
Dibanding hari biasa, pemesanan tiket atau bahkan permintaan pemesanan paket liburan pun melonjak. Kebanyakan dari mereka, juga tak mau repot backpacker-an. Rata-rata, lebih memilih paket tur untuk keluarga.

Tak hanya liburan ke luar negeri, banyak pula orang memilih menginap di hotel ketika ditinggal pembantu mudik. Irma kembali menjelaskan, pemesanan hotel jelang Lebaran dan setelahnya juga mengalami kenaikan 40-50 persen dibanding hari biasa.

Rata-rata pemesan melakukan booking untuk  dua sampai tiga malam atau bahkan empat hari tiga malam.

"Untuk pemesanan hotel si banyaknya di luar Jakarta. Dan kebanyakan, hotel yang jadi favorit adalah dengan kisaran harga Rp600 ribu-Rp700 ribu per malam."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya