Delapan Fakta Mengejutkan tentang Bawang Putih

Sumber :

VIVA.co.id – Sejak 7.000 tahun yang lalu, masyarakat Asia percaya bahwa bawang putih memiliki banyak manfat bagi kehidupan manusia. Bahkan ada mitos yang mengatakan bawang putih merupakan satu-satunya benda yang dipercaya ampuh untuk mengusir vampir dan roh jahat.

Harga Bawang Putih Rp 60 Ribu di Sulteng, Jokowi: Ini yang Agak Mahal, tapi Secara Umum Baik

Faktanya bumbu dasar masakan ini memang memiliki kegunaan jauh lebih banyak dibandingkan yang diketahui orang. Bahkan ada beberapa hal unik tentang bawang putih yang belum banyak diketahui orang. Berikut ini beberapa diantaranya, seperti dilansir dari Times of India.

-Bawang putih disebut sebagai simbol dan juga penanda dari kekuatan sihir putih di Eropa. Dalam legenda Eropa, bawang putih digambarkan sebagai penangkal roh-roh jahat dan juga vampir. Bawang putih juga pernah dianggap sebagai makanan yang tabu atau tidak boleh dikonsumsi karena dianggap meningkatkan keinginan duniawi dan  menggugurkan kesalehan.

Daftar Harga Pangan 26 Maret 2024: Bawang, Daging Sapi, hingga Telur Ayam Naik

-Ada orang fobia terhadap bawang putih. Fobia ini dikenal dengan nama alliumphobia.

-Bawang putih yang dibakar dengan kapur barus ampuh untuk mengusir nyamuk, serangga dan juga lalat. Bawang putih parut yang dicampur dengan air juga berfungsi sebagai alternatif insektisida yang lebih alami.

Daftar Harga Pangan 21 Maret 2024: Daging Sapi hingga Telur Ayam Naik

-Sedangkan untuk kesehatan, bawang putih juga dikatakan mengandung 19 asam amino. Seperti diketahui, asam amino sangat penting bagi fungsi tubuh dan bisa membangkitkan tenaga selama 75 persen. .

-Anda juga tidak usah heran jika banyak makanan China yang menggunakan bawang putih sebagai bahan dasarnya. Hal ini karena China memproduksi sekira 66 persen kebutuhan bawang putih dunia. Dalam Perang Dunia ke-1, bawang putih juga digunakan sebagai antiseptik untuk melawan gangrene, ketika persediaan sulfur habis.

-Hal yang juga harus diperhatikan bagi kesehatan, ternyata bawang putih bukan hanya baik untuk jantung, tapi juga mampu menurunkan kolesterol. Makanan ini juga mampu meredakan batuk dan flu. Kandungan probiotiknya pun mampu menjaga usus tetap sehat.

-Untuk mencuci dan menghilangkan bau bawah putih di tangan, gosok tangan pada bahan besi antikarat dengan air dingin.

-Setiap tahunnya, tanggal 19 April juga diperingati sebagai Hari Bawang Putih Sedunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya