Cicipi Aneka Sambal dari Berbagai Provinsi di Indonesia

Aneka sambal.
Sumber :
  • adinda/VIVA

VIVA.co.id - Sambal merupakan satu kuliner khas yang selalu ada dalam menu masakan Indonesia. Begitu khasnya hingga hampir di setiap daerah di Indonesia punya sambal masing-masing.

Kekayaan kuliner sambal inilah yang ingin diangkat oleh Chillibags. Berbagai sambal khas dari berbagai daerah di Indonesia dibuat dalam kemasan modern sehingga dapat dinikmati dengan mudah.

"Kami mau mengangkat kekayaan alam dan budaya melalui sambal. Setiap daerah ada ciri khasnya seperti Aceh ada ikan kayu atau andaliman dari Sumatera Utara," kata Yennie Tanda Putra, produsen Chillibags, saat ditemui di Kampoeng Legenda Mal Ciputra, Jakarta, Kamis, 11 Agustus 2016.

Ada lebih dari 25 varian sambal yang masing-masing mewakili setiap provinsi yang berbeda. Yennie mengatakan, setiap bahan dasar didatangkan langsung dari daerah asalnya. Melalui bahan-bahan dasar khas dari daerahnya itu Yennie juga sekaligus ingin memperkenalkannya kepada masyarakat.

"Seperti ikan kayu ini dari Aceh. Bentuknya seperti kayu. Karena keras pembuatannya harus direndam dahulu lalu dipotong-potong," kata Yennie.

Sambal khas lainnya  adalah sambal Bongkot dari Bali yang terbuat dari kecombrang dan yang paling banyak diminati saat ini yakni sambal roa.

Prediksi Tren Kuliner 2016
sambal

Ini Aneka Sambal Nusantara yang Bikin Lapar

Masing-masing sambal memiliki rasa dan kelezatan yang khas.

img_title
VIVA.co.id
28 Januari 2016