Tips Agar Potongan Buah dan Sayur Tetap Awet

Ilustrasi buah dan sayur.
Sumber :
  • Pixabay/Unsplash

VIVA.co.id – Terkadang Anda membeli banyak buah dan sayur untuk persediaan beberapa hari ke depan. Tidak sedikit pula yang membeli buah atau sayur kemudian menyisakan setengah bagian untuk dikonsumsi esok hari.

Enggak Bisa Sembarangan, Ini 3 Aturan Bikin Salad Sehat

Padahal, kualitas buah dan sayur akan berkurang setelah dikupas karena terjadi proses oksidasi, Apalagi jika terpapar sinar matahari dan tidak disimpan dengan benar, buah juga akan berubah warna dan perlahan-lahan mengering. Lalu bagaimana cara yang benar untuk menyimpan buah atau sayur yang sudah dipotong? Berikut langkahnya dilansir laman The Kitchn.

1. Air

Begini Cara Masak Sayur Agar Vitaminnya Tidak Hilang

Menyimpan buah atau sayur dalam dengan wadah berisi air mampu membuatnya lebih tahan lama. Sayuran yang cocok disimpan dengan metode ini adalah wortel, seledri dan kentang yang sudah telanjur dipotong. Agar tahan lama, simpan di dalam air dingin dan ganti airnya setiap satu atau dua hari.

2. Keasaman

Masak Sayuran aja Masih Salah, Gimana Mau Sehat?

Mungkin sudah banyak tahu bahwa air lemon yang dicampur dengan air berguna untuk mencegah apel berubah warna. Namun, tidak hanya apel, terdapat buah lain yang bisa diawetkan dengan cara ini yaitu buah atau sayur yang mengandung asam sitrat.

3. Serbet kertas

Serbet kertas dan kotak kedap udara adalah cara terbaik untuk menyimpan sayur atau buah terutama untuk paprika dan stroberi. Serbet akan menyerap kelembaban dalam kotak.

4. Membekukan

Buah beri, jagung, kacang, potongan wortel dan paprika cocok disimpan dengan metode ini. Namun taruh terlebih dahulu di dalam sebuah wadah tertutup.

5. Memasak

Jika paprika sudah mulai terlihat tidak segar ketika akan dimasak keesokan hari, masukkan ke dalam oven sebelum digunakan. Gunakan apel atau beri yang sudah dipotong dengan menambahkan sedikit air lalu panaskan. Air buah ini bisa Anda gunakan untuk campuran yoghurt atau smoothies.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya