Cara Menyimpan Tahu yang Benar Agar Tetap Segar

Tahu.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Tahu adalah salah satu makanan yang digemari oleh penduduk Indonesia. Makanan dari olahan kedelai ini bisa dibuat menjadi aneka jenis makanan. Saat membeli tahu, ternyata tidak semua tahu yang Anda beli terpakai dan Anda harus menyimpannya untuk dimasak kemudian hari. Lantas, bagaimana cara menyimpan tahu yang tepat?

Siap-siap! Tahu-Tempe Bakal Raib di Jawa Barat Akhir Pekan Ini

Dilansir dari laman The Kitchn, menyimpan tahu bisa dilakukan di dua tempat yaitu lemari pendingin dan freezer. Keduanya dapat membuat tahu lebih tahan lama namun untuk jangka waktu berbeda.

Lemari pendingin
Jika Anda menyimpan tahu di lemari pendingin, tahu akan bertahan hingga satu minggu. Anda cukup menyimpan tahu dengan air putih matang dan simpan di kotak kedap udara.

Harga Kedelai Naik, Perajin Tahu-Tempe Semanan Mogok 3 Hari

Anda juga bisa menggunakan wadah lain dan menggunakan plastik pembungkus (plastic wrap) untuk menutupi wadah tersebut. Jangan lupa untuk mengganti air rendaman tahu setiap hari agar kelembapan dan kesegaran tahu tetap terjaga.

Freezer
Tahu yang disimpan di dalam freezer bisa bertahan hingga tiga bulan. Potong tahu ke dalam ukuran yang lebih kecil, bekukan, lalu taruh ke dalam wadah.

Kelangkaan Kedelai Jadi Isu Tahunan, DPR Minta Pemerintah Intervensi

Saat akan menggunakan tahu, letakan sejenak tahu di dalam lemari pendingin agar tidak membeku. Hilangkan terlebih dahulu cairan pada tahu sebelum dimasak.

Pengrajin tahu dan tempe di Bandung.

Pengrajin Tahu Tempe di Bandung 'Dicekik' Harga Kacang Kedelai

Menurutnya, sangat disayangkan jika para pengrajin tahu tempe mogok berproduksi. Padahal, pemerintah pusat telah memberikan subsidi kacang kedelai tanpa membatasi jumlah.

img_title
VIVA.co.id
28 Oktober 2022