Lima Cara Penting Merawat Pisau Dapur

Ilustrasi pisau
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Untuk kegiatan memasak, pisau menjadi salah satu alat yang paling dibutuhkan. Untuk itu, pisau juga membutuhkan perawatan khusus agar ketajamannya tetap terjaga. Bagaimana cara merawatnya? Berikut dilansir laman The Kitchen.

Modal Alat Dapur, Wanita Ini Selamatkan Kucing dari Lilitan Ular Besar

Jangan cuci di mesin pencuci piring

Mungkin tidak semua orang menggunakan alat ini untuk mencuci peralatan dapur. Namun, bagi mereka yang memiliki mesin ini, sebaiknya tidak memasukkan pisau ke dalamnya. Mesin ini bisa membuat pisau menjadi tumpul karena bertabrakan dengan benda lain yang ada di dalamnya. Tak hanya itu, detergen yang digunakan untuk mencuci juga bisa merusak mata pisau.

4 Peralatan Dapur yang Membuat Memasak Lebih Sehat

Cuci dan keringkan dengan benar

Bagaimana caranya? Mencuci dengan menggunakan sabun pencuci piring dan air hangat adalah cara yang tepat. Elvin Kilcher, penulis buku Himestead Kitchen mengatakan bahwa air panas mampu mengangkat sisa minyak yang menempel dan segera keringkan pisau yang sudah dicuci untuk menghindari karatan.

Terlalu Kreatif, Gunakan Wajan Sebagai Pengganti Setir Mobil

Pisau Baja Anti Karat (stainless steel)

Saat membeli pisau, jenis dengan bahan anti karat sangat disarankan. Pisau berbahan ini akan tetap lurus saat digunakan.

Gunakan Talenan

Salah satu alat dapur yang bisa membantu menjaga pisau tetap tajam adalah talenan. Kilcher tidak menyarankan untuk menggunakan pisau selain di atas talenan, seperti kaca, keramik atau permukaan lain.

Penyimpanan

Banyak cara untuk menyimpan benda dapur yang satu ini. Namun salah satu aturan yang paling dasar dalam menyimpan pisau adalah jangan sampai pisau bersentuhan dengan benda lain. Anda bisa gunakan gantungan magnet di dinding untuk menyimpan pisau.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya