Intip Enam Tips Mendekorasi Ruang Makan Impian

Ilustrasi ruang makan
Sumber :
  • Pixabay/Designcycle

VIVA.co.id – Ruang makan adalah salah satu tempat yang paling penting di rumah. Ruangan ini menjadi tempat berkumpul keluarga favort sambil menikmati hidangan lezat. Tak jarang pula ruang makan yang dijadikan tempat menjamu para tamu, entah keluarga atau teman terdekat.

Bisa Ditiru, Desain Interior Hangat untuk Momen Spesial Idul Fitri

Namun, menata ruang makan sebaik mungkin bukanlah perkara sepele. Nah, jika Anda menyukai rumah dengan gaya minimalis, meja makan minimalis pasti menjadi salah satu pilihan furnitur rumah yang harus Anda beli untuk melengkapi ruang makan Anda.

“Rumah minimalis identik dengan ruangan yang tidak begitu luas, sehingga memilih furnitur rumah yang sesuai bisa jadi tantangan tersendiri,” kata Interior Designer Consultant, Budiyanto di Jakarta, Rabu 5 Oktober 2016 dalam keterangannya.

Mengenal Keindahan Desain Interior Italia, Kedepankan Gaya Unik dan Klasik

Untuk itu, ketahui beberapa tips menata ruang makan sesuai keinginan berikut ini.

Sesuaikan dengan kondisi dan desain ruang makan

Saatnya Desainer Lokal Unjuk Gigi di Kompetisi Desain Interior Toko, Ada Pelatihan Gratisnya

Gaya seperti apa yang Anda inginkan untuk ruangan Anda? Modern, rustic atau vintage? Dengan gaya apapun Anda menata ruang makan, pastikan untuk memilih meja makan yang sesuai dengan gaya tersebut supaya tidak tampak bertabrakan. Tentu Anda tak hanya ingin menikmati santapan, tetapi juga merasa nyaman dan terkesan dengan ruang makan Anda, bukan?

Pilih jenis bahan yang tahan lama

Meja makan adalah furniture yang dipakai setiap hari. Kecuali Anda menata ulang ruang makan Anda, meja makan akan terus dipakai dalam jangka waktu yang panjang, dan tidak diganti sebelum rusak.

“Oleh karena itu, penting memilih meja makan minimalis yang terbuat dari material yang durabilitasnya tinggi, seperti kayu jati, kaca (tempered glass), atau logam,” ujar Budi.

Selain kaca, meja makan yang terbuat dari logam atau kayu berlapis marmer juga mudah dibersihkan, sehingga cocok untuk keluarga muda yang memiliki anak kecil.

Pilih model dan ukuran meja makan yang sesuai dengan bentuk ruang makan

Umumnya rumah minimalis setidaknya berpenghuni dua orang, sehingga diperlukan meja makan yang bisa digunakan oleh dua orang untuk menyantap hidangan dengan nyaman. Namun, perlu diingat juga bahwa sebagai pemilik rumah, Anda terkadang menerima tamu sehingga perlu mengantisipasi hal ini dengan menyediakan ruang lebih.

Pada dasarnya terdapat empat bentuk meja makan dan semuanya memiliki kelebihannya masing-masing. Pertama, meja berbentuk persegi panjang. Meja persegi panjang cenderung memakan tempat tetapi juga sekaligus sangat sesuai untuk ruangan yang sempit dan memanjang. Kedua, meja berbentuk bundar, yang idealnya dapat menampung hingga empat orang.

Nah, jangan membeli meja bundar untuk enam orang atau lebih karena jarak antar tamu yang berseberangan cukup jauh, dan akan mempersulit interaksi.

Ketiga, meja berbentuk persegi, yang tergantung ukurannya dapat menampung dua hingga empat orang. Yang terakhir adalah meja berbentuk bebas, yakni meja yang didesain dengan bentuk unik dengan menekankan pada unsur estetika daripada fungsi.

“Meja semacam ini sebaiknya dihindari untuk rumah minimalis jika ruang makan Anda sempit. Kenapa? Karena bentuk yang tidak beraturan akan memakan tempat di ruang makan Anda sementara tidak sepadan dengan daya tampungnya,” ujar Budi.

Pilih warna yang senada dengan desain ruangan

Senada tak harus sama. Warna senada yang dimaksud di sini adalah warna yang akan tampak harmonis jika dipadukan dengan desain ruang makan. Jika Anda mengusung gaya modern, jangan ragu memilih warna-warna yang berani atau bahkan bermotif untuk meja makan minimalis Anda.

Setiap warna memiliki kesan tersendiri yang dibawanya. Warna-warna cerah seperti merah, jingga, atau kuning memberi kesan hidup dan ceria. Sementara warna hitam dan metalik memberi kesan maskulin dan futuristik, tetapi juga efektif untuk ‘menyembunyikan’ noda.

Untuk memberi kesan lapang dan bersih, Anda bisa memilih meja makan minimalis berwarna putih yang dipadankan dengan dinding dan langit-langit bercat putih.

“Jika Anda tidak yakin warna apa yang paling sesuai dengan desain ruang makan Anda, pilihlah warna yang netral. Warna netral adalah pilihan yang paling aman. Jika Anda berniat mengganti gaya desain interior rumah makan Anda suatu ketika, Anda tinggal menambahkan sentuhan warna pada meja makan dengan taplak meja berwarna atau bermotif,” kata Budi menambahkan.

Jika Anda berencana pindah rumah, pilih meja makan yang ringan

Bagi Anda yang tinggal di apartemen atau rumah kontrakan dan suatu ketika merencanakan untuk pindah rumah, penting untuk memilih perabot yang ringan dan mudah dibawa. Selain itu, pilihlah bahan yang tahan banting. Tujuannya agar memudahkan proses pindah rumah tanpa merusak perabot. Dengan mempertimbangkan faktor ini, meja makan minimalis berbahan kaca jelas bukan pilihan yang cerdas.

Pastikan meja makan Anda tetap bersih dari hiasan

Lantaran ukurannya yang kecil dan minimalis, sebaiknya Anda menjaga meja makan Anda tetap bersih dengan tidak meletakkan banyak hiasan di atasnya. Kalaupun ingin memberikan sentuhan cantik dengan menambahkan vas bunga di atas meja, pilihlah vas bunga yang ramping dan tidak memakan tempat. Dengan begitu, meja makan Anda akan tampak lapang dan tidak semrawut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya