Jangan Simpan Selai Kacang di Dalam Kulkas

selai kacang
Sumber :
  • Pixabay/Aldertree

VIVA.co.id – Siapa yang tidak kesal ketika ingin makan selai kacang yang baru kita simpan beberapa hari di dalam kulkas justru malah cepat berubah mengeras seperti batu.

Mulai Hidup Sehat, 5 Makanan Ini Wajib Ada di Lemari Es

Sebaliknya, jika didiamkan saja di ruangan terbuka selai lebih cepat berbau tengik.

Banyak orang yang masih kebingungan ketika harus menyimpan selai kacang, baik yang sudah dibuka maupun belum. Padahal jika kita memahami trik bagaimana menyimpan selai kacang, setidaknya mampu bertahan hingga satu bulan.

Kulkas Usia Ribuan Tahun Ditemukan

Sedikit orang yang mengetahui jenis produk selai kacang yang ia konsumsi. Selai kacang terdiri dari dua jenis, yaitu selai kacang yang hanya dibuat dengan tambahan gula (selai murni), dan selai kacang yang sudah dicampur dengan krim, susu, coklat dan bahan lain.

Menyimpan selai kacang murni di lemari es, akan membuat produknya cepat mengalami perubahan bentuk menjadi sekeras batu, meskipun pada labelnya tertulis instruksi untuk mendinginkannya.

4 Fakta Selai Kacang yang Wajib Kamu Tahu, Ternyata Cocok untuk Diet Sehat

Sebaliknya, selai kacang alami justru akan tahan lebih lama jika dibiarkan saja pada suhu ruangan.

Ilustrasi selai kacang

Selai kacang murni diproduksi dengan cara dipanggang dan ditambahkan  garam pada prosesnya. Proses itu menyebabkan minyak pada kacang terhidrogenasi yang membuat selai kacang tidak perlu disimpan dalam kulkas.

Seperti dilansir dari laman Huffington Post, jika yang terjadi justru selai kacang cepat berbau tengik jika tidak disimpan dalam lemari es, itu artinya ada yang salah dengan tempat penyimpanan selai Anda.

Sebaiknya, selai kacang murni disimpan di tempat yang sejuk dan gelap seperti di dalam lemari dapur. Bukan dibiarkan saja di atas meja makan yang panas dan lembap. Hal itu mampu membuat selai kacang bertahan hingga satu bulan dengan kualitas yang baik.

Selain itu, cara yang tepat mengetahui apakah selai kaacang Anda sudah tidak layak dikonsumsi adalah dengan mencium aroma selai kacang sebelum digunakan.

Jika Anda harus mendinginkannya, pastikan untuk mengaduknya sehari sekali agar minyak yang keluar tetap bercampur dengan selai. Dengan metode ini, selai Anda akan bertahan lebih lama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya