Begini Cara Membaca Resep yang Benar

Ilustrasi memasak.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Bagi Anda yang baru belajar memasak atau ingin memasak menu baru untuk keluarga, buku resep pasti sangat membantu. Di antara Anda pasti ada yang langsung nekat mencoba-coba resep tersebut tanpa persiapan atau ada yang membaca terlebih dahulu baru mencoba.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Dikutip dari situs resmi milik Alton Brown, salah satu chef terkenal Amerika, sekitar 30 persen hasil makanan yang dibuat mengikuti buku resep berbeda dari hasil sebenarnya yang diharapkan.

Semua orang memang melihat, membaca, dan menyiapkan bahan dan alat yang dibutuhkan, namun kita jarang memerhatikan keterangan-keterangan kecil yang ternyata penting untuk diikuti. Biasanya ini terjadi saat pertama kali membuat masakan yang baru.

Sering Konsumsi Makanan Gosong Dapat Sebabkan Kanker? Ini Penjelasannya

Berikut cara membaca resep yang diberikan oleh Alton Brown.

Baca
Duduk dan baca resep terlebih dahulu. Baca sepintas saja jangan buat catatan apapun.

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

Baca lagi
Garis bawah atau tandai petunjuk khusus yang diperlukan saat menyiapkan bahan misalnya, 'simpan mentega dalam suhu ruangan,' satuan ukur atau berat pada bahan yang digunakan.

Kumpulkan peralatan
Hal ini penting agar Anda tidak panik saat memasak. Gunakan alat yang memang dianjurkan dalam resep. Pastikan semua alat yang diperlukan tersedia.

Kumpulkan Bahan
Kumpulkan bahan yang akan Anda gunakan dalam satu tempat. Perhatikan bahan mana yang perlu dicairkan, dicuci atau direbus. Anda harus ingat bahwa penulis resep menyusun bahan masakan sesuai dengan urutan penggunaannya.

Perhatikan urutan proses memasak
Panaskan oven atau panaskan minyak goreng sebelum Anda menyentuh bahan lain. Gunakan waktu Anda seefisien dan seefektif mungkin.

Selalu perhatikan durasi memasak atau memanggang
Jangan terlalu mengandalkan timer, Anda harus lebih tahu kapan kue Anda  terpanggang sempurna, kapan masakan Anda matang dan siap disajikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya