Cara Ampuh Hilangkan Rasa Pedas di Mulut

Ilustrasi makanan pedas.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Sensasi mulut terbakar, atau panas menjadi hal lazim yang dirasakan setelah mengonsumsi makanan pedas. Jangan pernah mengatasinya dengan air dingin, karena justru akan memperparah keadaan.

Tips Ampuh Menghilangkan Rasa Pedas di Mulut

Salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah dengan minum air lemon, susu, atau gula, karena bahan tersebut akan mengurangi rasa pedas di mulut.

Berikut ini, beberapa pilihan lain untuk meredakan 'kebakaran' pada mulut usai makan pedas, seperti dilanasir dari The Secret Yumiverse.

Menjajal Cokelat Unik Khas Indonesia, Rasa Pedas dan Rempah

Susu

Semakin banyak kandungan lemak susu, maka akan semakin cepat rasa terbakar tersebut diatasi. Minumlah segelas susu, karena mengandung protein casein yang dapat mengurai capsaicin penyebab sensasi terbakar dalam mulut.

Tips Hilangkan Rasa Pedas di Mulut

Selain susu, produk olahan susu juga mampu meredakan panas dalam mulut, seperti es krim, yogurt, dan lainnya bisa Anda andalkan untuk meredakan rasa terbakar tersebut.

Makanan berkarbohidrat

Roti, nasi, dan kentang dapat membantu menghilangkan sensasi terbakar dengan membantu menciptakan penghalang antara mulut dan capsaicin dan menyerap rasa sakit yang Anda rasakan.

Gula

Ambil satu sendok teh gula dan diamkan di dalam mulut beberapa saat sebelum menelannya. Rasa terbakar Anda akan teratasi dengan cara ini.

Lemon/jeruk nipis

Kandungan asam dalam lemon, atau jeruk nipis dapat membantu menetralkan kadar alkalin yang terdapat dalam capsaicin.

Madu atau selai kacang

Cukup ambil satu sendok madu/selai kacang dan biarkan berada dalam mulut beberapa saat sebelum ditelan.

Buah

Buah yang creamy dan tekstur lembut seperi pisang dan alpukat diketahui dapat meredakan sensasi terbakar akibat mengonsumsi makanan pedas. Tak hanya pisang dan alpukat, buah seperti nanas, tomat, jeruk dan buah asam lainnya juga mampu mengatasi ini.

Air hangat

Jika Anda ingin cara praktis dan tidak memiliki bahan di atas, cukup berkumur dengan air hangat selama beberapa saat, lalu buang air kumur tersebut untuk mengeluarkan capsaicin yang menempel di mulut. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya