Membongkar Kunci Sukses Kedai Kopi Nikmat

Ilustrasi Kopi
Sumber :
  • Rupa Indonesia tvOne

VIVA.co.id – Program acara Rupa Indonesia hadir kembali di tvOne Kamis malam ini pada pukul 23.00 WIB. Episode kali ini, Rupa Indonesia akan menceritakan tentang “kunci” dari sebuah kedai kopi.

Kedai Kopi Unggulan Indonesia Villa Sumatra Dibuka di Mesir

Indonesia adalah salah satu negara penghasil kopi terbesar dunia. Banyak varian kopi yang terdapat di negeri ini, sebut saja kopi gayo asal Aceh, toraja dari Sulawesi, sidikalang dari Sumatera Utara dan kopi bajawa asal Nusa Tenggara Timur. Kopi tersebut sudah terkenal di seluruh dunia.

Kekayaan varian kopi tersebut memengaruhi tumbuhnya kedai-kedai kopi di negeri ini, bahkan menjamur di kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta. Data yang dihimpun oleh Asosiasi Kopi Seluruh Indonesia (AKSI) menyebutkan, penikmat kopi domestik dari tahun ke tahun terus meningkat.

Bebas Usai 3 Hari Dibui, Asep Si Pemilik Kedai Kopi: Mending Bayar

Pada tahun 2013, konsumsi kopi domestik sebesar 250 juta kilogram, kemudian tahun 2014 menjadi 260 juta kilogram, selanjutnya tahun 2015 di angka 280 juta kilogram, dan pada tahun 2016 bertambah menjadi 300 juta kilogram.

Hal itulah yang membuat industri kedai kopi (coffee shop) kian merebak. Tak bisa dipungkiri, semakin maraknya kedai kopi maka semakin banyak pula membutuhkan jasa seorang barista atau peracik kopi.

Komentari Soal Asep, Sandiaga: Kalau Penertiban Bawa Bantuan

Barista berasal dari Bahasa Italia yang berarti pelayan Bar, termasuk di dalamnya para pembuat kopi. Peran barista terbilang unik di sebuah kedai kopi (coffee shop). Tentu saja, seorang barista tidak hanya membuat atau sekadar meracik secangkir kopi.

Barista harus memiliki pengetahuan tentang kopi, mulai dari asal kopi, hingga proses tanam sampai tersaji menjadi secangkir kopi. Pengetahuan tersebut selanjutnya diinformasikan kepada konsumen sehingga ada cerita di balik secangkir kopi.

Barista seharusnya menjadi manifestasi dari para petani kopi. Barista  harus memahami cerita berbagai jenis kopi, bahkan tak hanya itu, seorang barista juga harus mengetahui bagaimana kontur tanah bahkan proses penanaman hingga pemetikan si biji kopi.

Ironisnya, hal tersebut terkadang tidak tercermin pada sebagian para barista di negeri ini.

Barista sejatinya adalah wajah dari sebuah kedai kopi dan para petani adalah jiwanya. Tak ayal, hasil pekerjaan seorang barista dalam membuat dan menyuguhkan secangkir kopi, sering dilekatkan sebagai sebuah karya seni.

Lihat videonya di sini.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya