Kapan Waktu Terbaik Mengonsumsi Jus?

Ilustrasi jus jeruk.
Sumber :
  • Pixabay/JESHOOTS

VIVA.co.id – Mengonsumsi jus saat cuaca panas di siang hari yang menyengat, memang menyegarkan, dan mampu menghilangkan dahaga. Jika dikonsumsi secara rutin, jus juga tentu baik dan membawa manfaat bagi tubuh.

Usaha Minuman Jus Kekinian di Bulan Ramadhan, Ramai Diserbu Pembeli karena Mampu Hilangkan Dahaga

Meski begitu, ternyata ada waktu yang sangat tepat untuk mengonsumsi jus. Hal ini diungkapkan oleh Joyceline Halim, seorang ahli nutrisi bersertifika.

"Paling baik itu saat pagi hari. Mengapa? Karena saat pagi hari perut relatif masih kosong, sehingga nutrisi yang banyak terkandung di dalam jus mudah diserap oleh tubuh," kata dia di kawasan Senopati, Jakarta Selatan, Selasa, 6 Desember 2016.

Jelang Ramadhan, Zaidul Akbar Bagikan Resep Sirup Sehat Buat Buka Puasa

Selain itu, ia juga menyarankan untuk mengonsumsi jus sesaat setelah makan. Hal ini menurutnya karena jus juga mampu memperlancar pencernaan.

"Jus juga membantu penyerapan berbagai macam mineral yang mungkin terkandung dalam makanan," ujarnya menambahkan.

10 Jus Alami yang Bikin Kulit Mulus dan Bercahaya, Tak Perlu Lagi Krim Mahal

Lebih lanjut, Joyceline mengatakan bahwa mengonsumsi jus setelah berolaharaga berat juga merupakan pilihan yang tepat. Hal ini karena jus mengandung sumber nutrisi dan juga karbohidrat, sehingga mampu mengembalikan tenaga yang sempat terkuras saat olahraga.

Dia juga menambahkan bahwa jus sebaiknya segera diminum setelah dibuat. Selain karena alasan menjaga kesegaran, semakin lama dibiarkan, nutrisi yang tekandung di dalamnya juga akan menurun secara perlahan.

"Jus itu paling tidak dikonsumsi paling lama selama tiga hari. Setelah itu, tidak akan mendapat manfaat apapun," ucapnya.

Ilustrasi jus jeruk

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya