Trik Bekukan Makanan agar Kualitasnya Tetap Terjaga

Daging Beku
Sumber :
  • pixabay/meditations

VIVA.co.id – Membekukan makanan memang susah-susah gampang. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum membekukan makanan, seperti kualitas dan kesegaran makanan sebelum didinginkan.

Studi Baru: Makanan Ultra-Olahan Berpotensi Tingkatkan Lebih dari 30 Masalah Kesehatan

Makanan akan cenderung memiliki rasa yang buruk jika didinginkan dalam keadaan yang tidak segar. Jangan lupa untuk menyimpan semua makanan di bawah suhu 0 derajat celsius agar kandungan vitamin, warna dan tekstur makanan tetap terjaga.

Berikut beberapa tips tambahan sebelum membekukan makanan dilansir laman Cooking Light.

3 Tips Memilih Makanan Beku yang Sehat

Pilih makanan yang ramah freezer

Tidak semua makanan bisa dibekukan. Ada beberapa makanan yang cocok untuk dibekukan dan dipanaskan kembali misalnya sup, cabai atau kaldu. Makanan yang tidak cocok untuk dibekukan yaitu buah atau sayur yang kaya air, kentang goreng, pasta yang sudah matang dan beberapa produk susu seperti yoghurt, susu dan krim.

Sandiaga Uno Anugerahi 18 UMKM Penghargaan 'eKuliner Awards 2022'

Dinginkan

Agar makanan tetap aman dimakan, dinginkan makanan yang sudah dimasak terlebih dahulu sebelum dibekukan. Membekukan makanan yang masih hangat pada freezer dapat meningkatkan suhu dan menyebabkan kualitas makanan beku lain di sekitarnya menjadi turun karena menjadi cair dan beku kembali.

Untuk makanan dengan kadar lemak atau setengah beku, dinginkan terlebih dahulu dan hilangkan lemak yang terdapat pada makanan tersebut karena akan memengaruhi kualitas makanan lain di sekitarnya.

Simpan

Hindari freezer burn dengan kantong plastik atau pembungkus khusus anti lembab. Pastikan tidak ada udara sedikitpun saat membungkus makanan. Simpan dalam porsi kecil, misalnya ukuran 1/4 kilogram agar makanan cepat membeku. Cara ini juga berguna agar Anda tidak menghangatkan makanan berulang-ulang.

Bekukan secepatnya

Semakin cepat makanan membeku, semakin baik pula kualitas makanan saat dicairkan kembali. Usahakan untuk tidak menyimpan terlalu banyak makanan di dalam freezer agar perputaran udara tetap berjalan.

Makanan yang lambat dibekukan akan memiliki bentuk menyerupai kristal dan bertekstur lembek. Umumnya makanan yang dimasak bisa bertahan dua hingga tiga bulan di dalam freezer.

(mus)

Mencairkan

Cairkan makanan yang beku di lemari pendingin biasa atau microwave. Mencairkan makanan dengan suhu ruang tidak disarankan karena risiko pencemaran oleh bakteri lebih tinggi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya