Ketahui Tiga Jenis Rumput Laut yang Lazim Dikonsumsi

Hidangan mengggunakan rumput laut wakame.
Sumber :
  • Pixabay/celestino

VIVA.co.id – Rumput laut terkenal dengan kandungan nutrisinya yang sangat tinggi, seperti kalsium, iodin, folat, dan magnesium. Makanan satu ini juga rendah kalori.

Pemegang Saham Restoran Sushi Tempuh Jalur Pengadilan Agar RUPSLB Digelar

Studi juga telah menunjukkan bahwa rumput laut dapat membantu meregulasi tingkat esterogen dan estradlol, serta berkontribusi dalam memenuhi asupan sayuran mingguan Anda.

Rumput laut memang telah lama digunakan pada kuliner Asia. Di China, Korea, dan Jepang, makanan tersebut telah menjadi bagian dari diet sehari-hari masyarakatnya sejak berabad-abad lalu. Dari sup hingga hidangan olahan telur sering dibuat menggunakan rumput laut.

Rekomendasi 5 Restoran Sushi PIK yang Enak dan Tempatnya Estetik!

Perlu diketahui, terdapat tiga jenis rumput laut yang biasa dikonsumsi. Kebanyakan di antaranya dibeli dalam kondisi kering dan bisa dimakan langsung, atau direhidrasi.

Berikut ini adalah tiga jenis rumput laut yang umum dikonsumsi, seperti dilansir dari laman Huffington Post.

Restoran Jepang Ini Jual Sushi Terkecil di Dunia, Hanya dengan Satu Butir Nasi

Nori

Nori adalah rumput laut merah yang bisa dibeli dalam bentuk lembaran kering. Jika Anda menyukai sushi, Anda pasti tahu bahwa nori sering digunakan untuk membuat sushi roll.

Banyak pula camilan nori yang kini kian populer, berupa lembaran rumput laut kering yang diberi taburan bumbu.

Nori juga sering dgunakan sebagai bahan pelengkap dressing salad, taburan nasi hingga popcorn yang akan memberikan cita rasa umami.

Ilustrasi sushi

Kombu

Kombu, yang masih merupakan anggota dari famili kelp, adalah rumput laut cokelat. Kombu terkenal sebagai bahan utama untuk membuat dashi, air kaldu kaya rasa khas Jepang yang sangat penting bagi kuliner Negeri Sakura.

Kombu juga sangat menentukan kelezatan sup miso.

Wakame

Wakame, jenis rumput laut cokelat lainnya, juga sering digunakan untuk membuat sup miso, namun tetap dibiarkan di dalam sup untuk dikonsumsi. Berbeda dengan kombu, yang selalu diangkat ketika masakan sudah matang, karena kegunaannya hanya untuk menambah cita rasa, bukan untuk dimakan.

Rasa wakame sedikit manis dan itulah mengapa ia sering digunakan untuk membuat salad rumput laut. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya