Ternyata Cangkang Telur Bisa Dikonsumsi

Cangkang telur.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Berhentilah membuang cangkang telur. Tahukah Anda, limbah cangkang telur yang dihasilkan industri makanan di Amerika Serikat setiap tahunnya mencapai 150.000 ton. Daripada membuang cangkang telur, kenapa Anda tidak mengonsumsinya?

Viral Pria Larang Jual Telur Ayam, Ini Alasannya 

Ya, Anda tidak salah baca. Banyak yang belum tahu bahwa cangkang telur sebenarnya merupakan sumber kalsium yang sangat baik. Itu karena 95 persen cangkang telur merupakan kalsium karbonat.

Satu butir cangkang telur mengandung sekitar 2 gram kalsium, atau 2 hingga 4 kali dari asupan kalsium per hari yang direkomendasikan. Demikian dilansir dari Tech Insider.

Badan Riset Nuklir RI Buat Vaksin COVID-19 dari Kuning Telur Ayam

Namun, jangan mengonsumsi cangkang telur mentah. Anda harus mengolahnya terlebih dahulu, dengan merebusnya untuk membunuh bakteri-bakteri yang menempel. Kemudian panggang cangkang telur di dalam oven pada suhu 93 derajat Celsius selama 10-15 menit.

Setelah itu Anda bisa menghaluskan cangkang telur hingga menjadi bubuk. Bubuk cangkang telur merupakan sumber kalsium yang sangat baik, dan telah terbukti mampu mengurangi nyeri dan pengeroposan tulang pada wanita yang menderita osteoporosis.

Tak Semua Telur Berkualitas Bagus, Begini Cara Mengetahuinya

Anda bisa menambahkan bubuk cangkang telur ke dalam adonan pizza, roti atau pasta. Tapi, hati-hati karena kelebihan atau kekurangan kalsium dapat membahayakan kesehatan. Orang dewasa yang sehat membutuhkan tidak lebih dari 1 gram kalsium per hari.

Ilustrasi telur mentah.

Lebih Sehat Mana Telur Ayam, Bebek atau Puyuh? Ini Kata Dokter

Di antara beberapa jenis telur, seperti telur ayam, telur bebek atau telur puyuh, manakah di antara ketiganya yang lebih sehat?

img_title
VIVA.co.id
27 Januari 2022