Makanan Jatuh, Kiasan 'Belum Lima Detik' Ternyata Benar

Ilustrasi makanan jatuh
Sumber :
  • Freewallpaper

VIVA.co.id – Sebuah kiasan  'belum lima detik' yang sudah didengar bertahun-tahun untuk membenarkan makanan seperti permen atau roti yang jatuh ke lantai dapat dimakan kembali ternyata benar adanya.

Perlakuan Makanan Jatuh ke Lantai

Sebagian besar orang yang mengatakan pepatah tersebut, walaupun tidak memiliki fakta kebersihan makanan, ternyata hanya sekadar perasaan optimisme. Tapi sekarang ilmuwan telah melangkah ke depan.

Ahli kuman Profesor Anthony Hilton dari Aston University mengatakan bahwa "makanan tidak mungkin mengambil bakteri berbahaya dari lantai dalam ruangan hanya dengan beberapa detik."

Kaesang: Walaupun PSI Belum Bisa Masuk Senayan, Enggak Masalah

Sebuah tes yang baik dilakukan untuk melihat apakah makanan terkontaminasi dengan kotoran. Jika terkontaminasi, jangan makan makanan tersebut.

Ia mengatakan, "memakan makanan yang telah jatuh beberapa saat di lantai, tidak pernah bisa sepenuhnya bebas risiko."

MK Juga Surati KPU dan Bawaslu, Bakal Bacakan Dua Putusan

Makanan yang terkena kotoran jelas tidak boleh dimakan, tapi selama makanan tidak terkontaminasi, peneliti menunjukkan bahwa makanan tidak mungkin terkena bakteri berbahaya dari beberapa detik waktu yang dihabiskan di lantai dalam ruangan.

Ia mengatakan hal tersebut tergantung dari jenis lantai yang digunakan di dalam ruangan.

Prof Hilton menunjukkan bagaimana aturan 'belum lima detik' bekerja pada pameran The Big Bang Fair, sebuah selebrasi ilmu pengetahuan, teknologi, teknik dan matematika untuk orang-orang muda, pada hari Rabu di NEC, Birmingham.

Ia mengatakan, kuman yang ditransfer dari lantai ke makanan, bukan sesuatu yang harus membuat Anda panik. 

"Penelitian kami telah menunjukkan bahwa sifat dari permukaan lantai, jenis makanan yang dijatuhkan ke lantai dan lamanya waktu yang di habiskan di lantai, dapat berdampak pada jumlah yang dapat ditransfer," katanya.

Dilansir laman Metro, penelitian ini dihasilkan dari sebuah survei 2.000 orang yang berpendapat, dan sebanyak 79 persen mengaku makan makanan yang jatuh di lantai.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya