Ternyata Es Krim Juga Enak Dimakan Pakai Saus Sambal

Ilustrasi saus tomat
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Saus sambal adalah salah satu bahan penyedap makanan praktis yang mampu menambah kelezatan cita rasa makanan. Satu yang perlu Anda ingat, saus dapat dipadupadankan tidak hanya dengan gorengan tetapi dengan makanan dengan jenis apa pun, asal Anda berani untuk mencoba dan mendapati rasa baru dari hasil campuran tersebut.

4 Idol K-Pop Kepincut Sambal Indonesia, Ada yang Ketagihan Sampai Nambah

"Kita jangan batasi lidah dengan pikiran untuk bantu bangun kreativitas kita. Karena enggak suka, kita larang anak buat coba (makanan baru), biarkan saja. Lidah adalah masalah pribadi, bukan soal enak dan enggak enak tapi suka atau enggak (suka)," kata Chef Bara Pattiradjawane saat ditemui di acara Tantangan Sambal ABC 2 di kawasan Kiai Maja, Jakarta baru-baru ini.

Prinsip berani itulah yang dipegang teguh oleh Chef Bara. Namun, ia memberikan satu tips agar Anda tidak trauma mencampur saus sambal dengan aneka makanan lain. Tips ini tentu akan membuat hidangan semakin nikmat. 

Mengeksplorasi Cita Rasa Kuliner Dunia ke Meja Makan

Kata dia, beberapa makanan justru akan semakin nikmat jika ditambah dengan saus sambal instan. Saus sambal sendiri diakui Chef Bara membuat rasa makanan lebih kaya. Namun, saat menamabahkan saus sambal dalam makanan, jangan sampai rasa saus mendominasi rasa asli makanan yang Anda santap.

"Ada beberapa hidangan Indonesia yang harus diulek terus ditambahin dengan sambal instan. Saus sambal adalah pendamping untuk mengangkat cita rasa yang sudah ada, bukan sebagai yang dominan. Rasa asli jangan sampai dikalahkan oleh sambal lain, tapi dibikin agar tambah enak," jelasnya.

Ternyata, Sambal Bakar Indonesia yang Viral dan Punya Banyak Outlet Milik Richard Theodore

Chef Bara sendiri pernah bereksperiman terhadap makanan dengan menggunakan saus sambal. Salah satunya adalah es krim vanila. Saat VIVA.co.id mencoba sendiri ide Chef Bara, rasanya sungguh mengejutkan, manis di awal pedas di akhir. Selamat bereksperimen!

Ilustrasi Bumi.

Terpopuler: Tempat Misterius di Bumi Disebut dalam Alquran, Idol K-Pop Kepincut Sambal

Berita mengenai daftar tempat misterius di bumi yang ternyata telah disebutkan dalam Alquran mengundang rasa penasaran netizen, hingga mengantarkan berita ini terpopuler.

img_title
VIVA.co.id
10 Desember 2023