Menu Makanan Thailand Superlezat yang Wajib Dicoba

Kuliner Thailand
Sumber :
  • VIVA.co.id/Diza Liane

VIVA.co.id – Masakan khas Thailand memiliki citarasa asam dan pedas yang disukai lidah orang Indonesia. Tak perlu jauh-jauh ke Thailand untuk mencicipinya, karena sejumlah restoran Thailand ada di Jakarta, seperti Restoran TomTom, misalnya. 

Khao Soi, Kuliner Thailand Paduan Iga Sapi Lembut dan Kaldu Kelapa

Restoran ini punya konsep yang modern. Saat memasuki restoran, Anda akan disuguhkan dengan warna biru-kuning yang cerah dan nyaman. Kursi serta meja makannya disusun sesuai kesukaan anak muda dan keluarga yang ingin menikmati santapan makanan khas tradisional Thailand.

"Serunya di sini makanan tradisional Thailand tapi disajikan dengan moderen dan kekinian. Chef kami juga dari Thailand langsung dan resep-resep khas Thailand serta beberapa bahan baku yang dikirim dari Thailand seperti daun basil dan teh Thailand," ujar Manager TomTom, Febe Yulianingsih, dalam media gathering di TomTom Grand Indonesia, Jakarta baru-baru ini.

Resep Tom Yam, Jelajah Kuliner Thailand dari Rumah

Menu Hidangan Thailand

VIVA.co.id berkesempatan mencicipi sajian makanan khas tradisional negeri Seribu Pagoda itu. Hidangan pembuka dimulai dengan nama Kra Bueng Taley. Sajian ini merupakan udang yang dibungkus dengan kulit tepung yang digoreng. Satu porsinya disajikan delapan potong dengan saus asam manis yang segar.

Cicip Kuliner Ekstrem Thailand, Kalajengking - Sate Buaya

Menu unggulan TomTom yaitu Tom Kha. Sajian ini merupakan sup krim dengan rasa pedas dan asam. Di dalamnya terdapat campuran udang, cabai, dan rempah Thailand. 

Ada juga kwetiaw dengan nama Pad Thai. Mie yang digunakan berbentuk lebih pipih dan kecil. Uniknya, kwetiaw versi Thailand ini menggunakan campuran udang, tauge, udang ebi, kuchai, dan kacang tanah bubuk.

Sajian lainnya adalah Larp, yaitu potongan daging cincang dengan siraman air lemon, daun mint, dan cabai kering disertai sayuran segar. 

Untuk yang ingin mencicipi sajian berbahan dasar ikan, bisa memilih Pla Tod Lard, ikan gurame yang dibalut tepung bertabur rempah segar dengan rasa pedas dan asam. Bagi yang ingin daging sapi, bisa memilih Naeh Yang, sajian potongan kecil daging sapi yang telah dibumbui rempah lengkap dengan saus asam pedas.

"Porsi makanan kami cukup besar. Untuk sebagian besar orang, ini bisa dijadikan sharing," kata Febe.

Ruammit, Es Buah Thailand

Terakhir, untuk makanan penutup ada dua pilihan yaitu Ruammit dan Kenom Thai. Bagi yang menyukai sajian dingin, Ruammit dapat dijadikan pilihan pas. Sajian ini terdiri dari serutan es, delima merah, nangka, serutan kelapa, dan cendol disiram dengan kuah manis. Sementara Kenom Thai, seporsinya terdiri dari tujuh potong kue dengan berbagai variasi menarik.

Untuk harganya sendiri, cukup terjangkau dimulai dari Rp60 ribu hingga Rp100 ribu. Restoran TomTom dapat ditemui di Grand Indonesia bagian East lantai 5. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya