Menjajal Uniknya Soto Banjar di Kota Seribu Sungai

Salah satu makanan nasional Indonesia, soto.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Putri Firdaus

VIVA.co.id – Tak lengkap rasanya, jika bertandang ke Banjarmasin, tetapi tidak menicicipi kuliner khas Kota Seribu Sungai ini. Selain nasi kuning, nasi kebuli dan lontong, Soto Banjar adalah menu wajib yang harus Anda jajal di sini. 

Bikin Ngiler, Kuliner Legendaris Ini Hadir di Mandalika Lombok

Salah satu kedai Soto Banjar terkenal di kota ini adalah Soto Banjar Bang Amat. Kedai soto ini kerap menjadi tujuan wisata kuliner bagi para pelancong baik dari dalam, atau luar Kalimantan. 

Jika selama ini kita kerap mencoba soto Banjar kuah bening, kedai ini menyediakan soto Banjar kuah susu. Ya, memang terdapat dua versi soto Banjar yang beredar, kuah bening dan kuah susu. 

Rekomendasi Wisata Kuliner di Sentul ala Pedesaan

Bagaimana rasanya? VIVA.co.id berkesempatan mencoba soto Banjar di kedai yang sudah berdiri sejak 2001 silam ini. Menariknya, jika Anda berpikir kuah soto ini akan terasa seperti susu pada umumnya, namun tidak demikian adanya. Rasa creamy susu tidak terlalu kentara di soto ini. 

Shafwati selaku istri dari pemilik kedai soto ini mengatakan, susu encer dan telur itik yang diblender menjadi bahan utama kuah soto. Penggunaan susu tampilan soto ini terlihat seperti kuah gulai berwarna putih dan lebih terlihat seperti lontong sayur ketimbang soto. 

Icip Ayam Bakar SeeJontor, Pedas Sambalnya Bikin Bibir Seksi

"Pakai susu encer ditambah rempah-rempah juga. Susu encer bukan susu kental manis," kata Shafwati, saat ditemui di kedainya, Selasa 25 April 2017. 

Untuk isian soto, Anda akan menemukan bihun, potongan telur itik, daging ayam suwir, perkedel kentang, wortel dan taburan bawang goreng di atasnya. Rasa kuah soto seperti biasa akan semakin segar, jika Anda tambah dengan perasan jeruk nipis. 

Perlu diketahui, seporsi Soto Banjar Bang Amat dijual dengan harga Rp23 ribu saja. Sekali makan, perut akan terasa kenyang dibuatnya. Soto ini juga dapat Anda nikmati dengan beberapa tusuk sate ayam, emping atau kerupuk yang juga disediakan oleh kedai soto ini. 

Selain sotonya yang nikmat, di kedai ini Anda bisa dapat menikmati gurihnya soto Banjar sambil menikmati pemandangan sungai Martapura ditemani angin sepoi-sepoi. Hawa panas ibu kota Kalimantan Selatan ini hilang dibuatnya. 

Konsep kedai ini pun sederhana, sama seperti kebanyakan bangunan di Banjarmasin, kedai ini didominasi material kayu ulin dengan dinding terbuka yang menjadikan tempat ini terasa sejuk. Sesekali santap soto Anda juga ditemani live music oleh beberapa seniman lokal yang membawakan lagu-lagu khas kota Banjarmasin. 

LIve musik di Kedai Soto Bang Amat

Musik di Kedai Soto Bang Amat. VIVA.co.id/Putri Firdaus

Karena keaslian soto Banjar yang masih terjaga dan pemandangan sungai yang cantik, tak heran kedai ini juga mendapat impresi positif di laman Tripadvisor. Kedai ini berhasil meraih rating 4/5 dengan 195 ulasan dan merupakan yang 'nomor 1 dari 111 restoran di Banjarmasin.

Kedai Soto Bang Amat
Alamat: Jalan Benua Anyar, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Indonesia
Harga: Rp5 ribu-Rp30 ribu.
Jam buka: 07.00-17.00 WITA (Jum'at libur)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya