Nostalgia Kuliner Khas Semarang

Festival Pulang Semarang
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dwi Royanto

VIVA.co.id – Merayakan Lebaran di kampung halaman tak lengkap rasanya jika tidak bernostalgia berburu kuliner khas daerah. Bagi Anda yang pulang ke Semarang, kerinduan mencicip kuliner khas tersaji dalam sebuah acara bertema, Festival Pulang Semarang Part 2

Sate Koyor Karangsaru Legendaris Khas Semarang, Jelang Buka Banyak yang Ngantre

Dari namanya, festival makanan ini memang disiapkan untuk warga yang memang rindu nostalgia kuliner di kota lumpia ketika pulang kampung. Acara yang diinisiasi oleh Pegiat Kuliner Semarang itu digelar di Mal Sri Ratu sejak 25 Juni hingga 2 Juli 2017.

Sedikitnya ada 60 stan kuliner disajikan, baik dengan makanan khas Kota Semarang hingga dari beberapa daerah di Jawa Tengah. Menunya antara lain,  lumpia, mi kopyok Semarang, gule bustaman Semarang, sate sarepeh Rembang, garangasem Kudus, mi Belitung, serta berbagai minuman khas. 

Nikmatnya Buka Puasa dengan Nasi Ruwet Khas Semarang

Firdaus Adinegoro selaku Ketua Komunitas Kuliner Semarang menuturkan, total terdapat 80 kuliner khas yang  dijual untuk memanjakan lidah warga yang singgah ataupun mudik di Semarang.

"Ini acara yang sudah kedua kalinya. Karena memang Semarang adalah surganya kuliner, " kata Firdaus, Sabtu, 1 Juli 2017.

Sensasi Berbuka Puasa dengan Sate Tulang Ayam, Seperti Apa Rasanya?

Masakan Semarang, lanjutnya, punya kekhasan tersendiri dibanding daerah lainnya. Bila Solo dan Kota Gudeg Yogyakarta sangat kuat pada rasa manisnya. Semarang justru kuat pada aroma bawang putih dan rempahnya. Terlebih Ibu Kota Jawa Tengah itu menjadi daerah persinggahan antar suku, budaya dan banyak ras di Indonesia. 

"Akulturasi budaya itulah yang menimbulkan kaya rasa dalam setiap menu yang dihidangkan," ujarnya.

Firdaus menyebut, pada sejumlah menu pihaknya sengaja menampilkan ragam rasa kudapan dan menu dengan citarasa lokal. Ada juga kuliner dari kombinasi menu kekinian dan masakan khas yang sejak lama ada di Semarang. 

Para penjual mematok harga tiap menu mulai Rp15 Ribu hingga Rp50 Ribu. Para pemudik dari Jakarta yang pulang kampung ke Semarang tak perlu repot-repot lagi mencari makanan di lokasi lain. Terlebih masih banyak toko makanan yang tutup pada hari Lebaran.

Sejak dibuka perdana pada hari pertama Lebaran, animo masyarakat yang mencicipi masakan Festival Pulang Semarang terbilang tinggi. Setiap harinya, jumlah pengunjung mencapai 5.000 orang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya