Menguak 13 Manfaat Tersembunyi Kopi Hitam

Ilustrasi bubuk kopi.
Sumber :
  • Pixabay/Elias Shariff Falla Mardini

VIVA.co.id – Jika dikonsumsi dengan cara yang tepat, kopi hitam bisa memberikan efek menyehatkan. Kopi hitam diyakini kaya akan antioksidan dan nutisi yang bermanfaat untuk tubuh.

10 Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula, Bisa Turunkan Berat Badan

Berikut ini adalah sederet manfaat tersembunyi kopi untuk kesehatan seperti dikutip dari Times of India.

Menguatkan ingatan

Minum Kopi Hitam Tanpa Gula, Dokter Zaidul Akbar Ungkap Deretan Khasiatnya

Pertambahan usia bisa menyebabkan menurunnya kemampuan kognitif dan meningkatkan risiko demensia, Parkinson dan Alzheimer. Dengan meminum kopi hitam di pagi hari bisa meningkatkan fungsi otak. Kopi hitam juga bisa membantu otak tetap aktif dan karenanya meningkatkan kekuatan ingatan. Kopi hitam bisa membuat saraf tetap aktif yang bisa mengusir risiko demensia. Sejumlah penelitian mengatakan, mengonsumsi kopi hitam bisa mengurangi risiko Alzheimer hingga 65 persen dan risiko parkinson hingga 60 persen.

Meningkatkan kekuatan selama berolahraga

Manfaat Kopi Hitam, Tingkatkan Stamina Hingga Melawan Kanker

Salah satu manfaat terbaik kopi hitam adalah dapat meningkatkan performa fisik secara drastis dan membantu meningkatkan kekuatan hingga 100 persen saat berolahraga. Hal ini terjadi karena kopi meningkatkan kadar Epinephrine (adrenalin) dalam darah, yang menyiapkan tubuh untuk sesi aktivitas fisik. Kopi hitam juga bisa memecah lemak tubuh yang mengendap dan melepaskan sel lemak ke dalam aliran darah dalam bentuk asam lemak bebas yang bisa digunakan sebagai bahan bakar untuk aktivitas fisik yang berat.

Bermanfaat untuk liver

Liver adalah salah satu organ vital tubuh kita karena berfungsi melakukan banyak tugas penting. Tahukah Anda kalau liver sangat menyukai kopi hitam? Karena kopi hitam membantu mencegah kanker hati, hepatitis, penyakit lemak hati dan sirosis alkohol. Orang yang meminum empat cangkir atau lebih kopi hitam setiap hari, risiko terkena penyakit liver akan berkurang sebanyak 80 persen. Kopi membantu menurunkan enzim hati yang berbahaya di dalam darah.

Menambah kecerdasan

Kopi memiliki stimulan psikoaktif yang ketika bereaksi dengan tubuh akan memiliki kemampuan untuk meningkatkan energi, mood, fungsi kognitif, dan karenanya juga dapat membuat Anda lebih pintar dalam periode waktu tertentu.

Membersihkan perut

Kopi merupakan minuman diuretik yang membuat Anda sering buang air kecil. Jadi, itulah kenapa ketika Anda minum kopi hitam tanpa gula, semua racun dan bakteri terbuang dengan mudah lewat urine dan perut Anda menjadi lebih bersih.

Menurunkan berat badan

Minum kopi 30 menit sebelum berolahraga akan membuat Anda membakar lebih banyak lemak. Kopi hitam membantu meningkatkan metabolisme hingga hampir 50 persen. Kopi hitam juga dapat membakar lemak di perut serta menstimulasi sistem saraf yang memberikan sinyal pada tubuh untuk memecah sel lemak dan menggunakannya sebagai sumber energi.

Meningkatkan kesehatan kardiovaskular

Meminum 1-2 cangkir kopi hitam setiap hari bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, termasuk stroke. Kopi hitam juga dapat menurunkan kadar peradangan dalam tubuh.

Kaya antioksidan

Kopi hitam merupakan sumber kaya antioksidan yang mengandung vitamin B2, B3, B5, mangan, kalium, dan magnesium.

Menurunkan risiko diabetes

Terbukti pada mereka yang meminum 2 cangkir atau kurang kopi, risiko diabetesnya menurun. Kopi membantu mengendalikan diabetes dengan meningkatkan produksi insulin. 

Membuat awet muda

Mengonsumsi kopi hitam tanpa gula bisa membuat pikiran dan tubuh Anda tetap muda. Kopi hitam juga membantu mencegah penyakit parkinson dengan meningkatkan kadar dopamin dalam tubuh.

Menurunkan risiko kanker

Kandungan kopi membantu mencegah kanker tipe tertentu seperti kanker hati, payudara, kolon, dan rektal. Kopi menurunkan peradangan yang merupakan salah satu penyebab utama timbulnya tumor.

Membuat bahagia

Meminum kopi hitam dapat meningkatkan suasana hati dan membuat Anda lebih bahagia. Kopi juga merupakan salah satu obat terbaik mengatasi depresi. Minumlah 2 cangkir kopi hitam setiap hari untuk menghindari depresi.

Mencegah encok

Penelitian menunjukkan, orang yang meminum lebih dari empat cangkir kopi setiap hari, akan menurunkan risiko mengalami encok hingga 57 persen. Antioksidan dalam kopi dapat mengurangi risiko timbulnya encok dengan menurunkan kadar insulin dan asam urat dalam tubuh. Jika Anda sudah punya encok, kopi bisa meredakan gejalanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya