Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 14 Juli 2017 | 17:17 WIB
  • RESEP: Terungkap, Rahasia Kentang Goreng Super Renyah

  • Oleh
    • Tasya Paramitha,
    • Putri Firdaus
RESEP: Terungkap, Rahasia Kentang Goreng Super Renyah
Photo :
  • Pixabay/Pexels
Kentang goreng.

VIVA.co.id – Kentang goreng cocok dinikmati sebagai pendamping lauk, atau sekadar camilan saat menonton film favorit Anda. Selain membeli kentang goreng jadi di restoran cepat saji, Anda juga bisa membeli kentang beku yang dijual di supermarket, lalu menggorengnya sendiri di rumah.

Namun, terkadang tidak semua kentang di atas tersaji dengan kelezatan maksimal. Bisa kurang garing, atau terlalu lembek.

Lalu, bagaimana menyiasati kentang goreng yang renyah di luar, namun lembut di dalam? Berikut, langkah yang dapat Anda ikuti, seperti dilansir dari laman Daily Meal, Jumat 14 Juli 2017.

Kentang Goreng Super Renyah

Bahan-bahan

- 5 buah kentang berukuran besar (jangan dibuang kulitnya, cukup digosok agar bersih)
- Garam secukupnya
- Minyak sayur secukupnya

Cara membuat

- Potong-potong kentang dengan ketebalan sekitar satu sentimeter, lalu rendam dalam wadah berisi air dingin. Diamkan selama 30 menit. Ini akan membantu untuk mengurangi pati yang menempel pada kentang, sehingga menghasilkan kentang yang lebih lembut dan lebih renyah.

- Pindahkan kentang ke dalam panci berisi air lalu rebus hingga kentang terasa lembut saat dipegang. Namun, jangan sampai kentang menjadi terlalu matang.

- Saring kentang dari air rebusan, letakkan dalam wadah yang sudah diberi kain lap, atau tisu untuk menyerap sisa air.

- Diamkan kentang dalam lemari pendingin, di dalam wadah tanpa ditutup selama 30 menit.

- Tuang minyak dalam kuali, atau wajan hingga banyaknya mencapai sekitar lima sentimeter, atau cukup untuk membuat kentang terandam dalam minyak goreng. Panaskan.

- Goreng kentang sedikit demi sedikit. Goreng hingga bagian pinggir kentang berwarna kecokelatan. Ini dapat memakan waktu hingga delapan menit. Angkat dan tiriskan.

- Ketika semua kentang sudah digoreng satu kali, panaskan lagi minyak untuk menggorang kentang kedua kalinya.

- Goreng kentang hingga berwarna keemasan. Lagi-lagi, jangan langsung menggoreng semua kentang. Mulailah sedikit demi sedikit.

- Angkat, tiriskan, sajikan dengan taburan garam di atasnya.