4 Rekomendasi Seblak Maknyus di Jakarta, Pedasnya Menyengat

Seblak Jeletet Murni.
Sumber :
  • Instagram @senculinary

VIVA.co.id – Anda pasti tahu dong kuliner pedas Indonesia yang bernama seblak. Makanan satu ini terbuat dari kerupuk udang mentah yang dimasak dengan air, telur dan sayur-sayuran hingga tekstur kerupuk menjadi lembek. Seblak juga sering ditambah daging sapi. Bumbunya sendiri terdiri dari bawang merah, bawang putih, garam, kencur, cabai rawit dan kunyit.

August Raih Prestasi Gemilang! Masuk Daftar 50 Restoran Terbaik Asia 2024

Meski seblak merupakan kuliner khas Bandung, Jawa Barat, namun beberapa sumber menyebutkan bahwa seblak berasal dari daerah Sumpiuh, Jawa Tengah. Itu karena kemiripannya dengan makanan rakyat kecil dari Sumpiuh yaitu Krupuk Godog yang sudah populer sejak tahun 1940-an. Seblak sendiri baru populer sekitar tahun 2000-an.

Kini telah lahir berbagai kreasi seblak baru. Berbagai bahan ditambahkan, mulai dari mi, makaroni, pasta, kwetiau, bakso, sosis, ceker ayam hingga bahkan keju leleh. Nah, jika Anda salah stu penggemar kuliner pedas, berikut adalah empat rekomendasi seblak maknyus di Ibu Kota yang pedasnya bisa bikin bibir jontor, seperti yang dirangkum oleh VIVA.co.id.

Ramai Seblak Jadi Penyebab Endometriosis, Begini Kata Dokter

Seblak Jeletet Murni

Seblak satu ini bisa dibilang yang paling populer di Jakarta. Bumbu dan pedasnya benar-benar bikin para pelanggannya ketagihan. Apalagi di sini seblak bisa dipesan sesuai dengan tingkat kepedasan yang diinginkan. Tak hanya itu, ada pula ceker bumbu seblak yang sayang jika dilewatkan.

Momen Jokowi Tanya Apa Itu Seblak, Buat Warga Bekasi Tertawa

Seblak Edun

Kuahnya kental dan bumbunya sangat meresap ke bahan-bahan di dalamnya, mulai dari ceker hingga kwetiau. Mantap!

Seblak Anna

Dari penampilannya saja sudah akan membuat siapapun meneteskan air liur. Seblak satu ini berisi berbagai macam bahan, seperti mi, kwetiau, bakso dan bawang goreng.

 

A post shared by seblak anna (@seblak_anna) on

Seblak Nongkrongbos

Meski warna kuahnya tidak begitu merah, tapi seblak ini bumbunya benar-benar nendang. Kencurnya pun begitu terasa di lidah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya