Geplak, Kuliner Betawi yang Hampir Punah

Festival Ondel-ondel.
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVA.co.id – Geplak, makanan khas Betawi ini menjadi salah satu makanan yang hampir jarang ditemukan dibandingkan dengan dodol Betawi. Kue yang memiliki warna dominan putih kecokelatan ini terbuat dari tepung beras.

Kuliner Kearifan Jawa Kuno yang Terinspirasi Kerajaan Majapahit di Bali

Salah satu warga Betawi yang tinggal di perkampungan Setu Babakan Srengseng Sawah, Mpok Sami menjelaskan bahwa membuat kue geplak lebih sulit dibandingkan dengan membuat dodol Betawi. Itu karena, membuat geplak, adonan harus dalam kondisi panas. Kalau tidak, maka adonan tak akan menyatu.

"Kudu panas ngaduk adonannya, kalau enggak panas adonan entar enggak menyatu," ucapnya kepada VIVA.co.id, di Setu Babakan, Jakarta, baru-baru ini.

16 Tahun Indonesian Chef Association, Chef Expo Sukses Digelar

Ia pun membeberkan beberapa bahan utama yang harus digunakan saat membuat geplak, di antaranya adalah tepung beras, kelapa, dan gula merah.

"Tepung beras digosong sisain dikit juga untuk bedak (semacam gula putih halus yang dibubuhi di atas geplak), habis itu tunggu dingin baru dah diayak. Siapin lagi wajan lain buat gongseng kelapa, setengah mateng dah itu,” kata dia.

Status PPKM Dicabut, Wisata Kuliner Tangerang Bangkit Lagi

“Nanti kelapa sama tepung digongseng berbarengan sama gula, baru deh digeprek-geprek, dibentuk, tetapi pas keadaannya panas, baru ditambah tepung yang satu lagi untuk bedak geplaknya," tambahnya. (asp)

Nasi Gudeg

Tempat Ini Sajikan Kuliner Nusantara dengan Rasa yang Disesuaikan Lidah Penikmatnya

Kuliner Nusantara adalah cerminan dari kekayaan budaya dan keanekaragaman alam Nusantara. Setiap daerah memiliki karakteristik kuliner yang unik.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2023