Bekraf Ingin Soto Jadi Wajah Kuliner Indonesia

Salah satu makanan nasional Indonesia, soto.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Putri Firdaus

VIVA.co.id – Badan Ekonomi Kreatif Indonesia, atau Bekraf baru saja meluncurkan sembilan buku panduan pendirian bidang usaha kreatif. Beberapa di antaranya, ialah mengenai pendirian usaha kriya batik, fesyen Muslim, dan salah satu yang cukup menarik ialah kuliner soto.

Gibran Mau Kasih Panggung Buat Musisi Lokal

Wakil Kepala Bekraf, Ricky Pesik mengatakan, pemilihan tema untuk kesembilan buku itu berdasarkan riset kerja sama Bekraf dan Universitas Sebelas Maret. Namun, untuk pemilihan kuliner soto sebagai sebuah buku, Ricky punya alasan tersendiri.

"Soto itu ada gabungan untuk membawa misi Bekraf ke dunia. Secara hukum, karena kita ingin memopulerkan bisnis soto," ucap Ricky, saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta, Senin 31 Juli 2017.

Tempat Ini Sajikan Kuliner Nusantara dengan Rasa yang Disesuaikan Lidah Penikmatnya

Di balik alasan tersebut, Ricky juga mengatakan bahwa hampir tiap daerah di seluruh penjuru Nusantara memiliki soto dengan ciri khas, cita rasa dan juga nama yang berbeda. Inilah yang membuat soto menjadi kuliner istimewa di Tanah Air.

"Kami Ingin menjadikan soto sebagai wajah kuliner Indonesia, karena soto yg paling representatif di tiap daerah di Indonesia ada," kata dia.

Kuliner Kearifan Jawa Kuno yang Terinspirasi Kerajaan Majapahit di Bali

Adapun buku itu sendiri membahas mulai dari peluang usaha, berbagai resep soto dari berbagai daerah, manajemen produksi dan Sumber Daya Masyarakat (SDM) hingga legalitas dan Hak Kekayaan Intelektual. (asp)

Tukang Soto Jualan Pakai Apple Vision Pro Seharga Puluhan Juta

Tukang Soto Jualan Pakai Apple Vision Pro Seharga Puluhan Juta, Netizen Melongo

Rekaman video menunjukkan seorang Tukang Soto yang sedang berjualan dengan menggunakan Apple Vision Pro, dan video tersebut viral di media sosial. Begini penampakannya:

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2024