Sedapnya Mi Kuah Ikan Legendaris Khas Bangka Selatan

Mie Kuah Ikan khas Bangka Selatan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Adinda Permatasari

VIVA.co.id – Berkunjung ke Pulau Bangka, khususnya Bangka Selatan, jangan lupa untuk menikmati kuliner khas di sana. Salah satu yang tak boleh dilewatkan adalah mi kuah ikan.

Tempat Ini Sajikan Kuliner Nusantara dengan Rasa yang Disesuaikan Lidah Penikmatnya

Bangka terkenal dengan hasil lautnya, terutama ikan. Tak heran, jika kebanyakan olahan makanan di daerah ini selalu ada kombinasi ikan di dalamnya. Begitu pun dengan mie kuah ikan.

Penjual mi ikan legendaris di Bangka Selatan ada di Jalan Diponegoro, Toboali. Warung mie kuah ikan ini dikelola oleh Romlah atau lebih dikenal dengan panggilan Ce Milun.

Kuliner Kearifan Jawa Kuno yang Terinspirasi Kerajaan Majapahit di Bali

Ce Milun merupakan generasi kedua dari warung mie itu. Sebelumnya, warung tersebut dikelola oleh sang ayah, Hamid, sejak tahun 1974.

"Bapak mengelola warung ini sampai usia 80-an. Kira-kira tahun 1990-an," ujar Ce Milun kepada VIVA.co.id di Toboali, Bangka Selatan, Senin, 31 Juli 2017.

16 Tahun Indonesian Chef Association, Chef Expo Sukses Digelar

Mi kuah ikan buatan Ce Milun juga masih menggunakan resep turun temurun. Di atas mi, disiram ikan giling yang disebut dengan kuah ni.

Topping ikan ini terbuat dari ikan parang yang direbus selama setengah jam, kemudian digiling halus. Setelah itu, diberi garam dan disimpan di dalam lemari es.

Untuk menambah sedap rasa kuah ni, bumbu rempah-rempah seperti kayu manis, pala, bawang merah dan putih juga dimasukkan ke dalamnya. Sebelum disantap, tambahkan lagi kecap asin, jeruk kunci, serta sambal.

Seporsi mi kuah ikan Ce Milun bisa Anda nikmati dengan harga Rp10 ribu. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya