Otak-otak, Jajanan Populer di Bangka

Otak-otak
Sumber :
  • VIVA.co.id/Adinda Permatasari

VIVA.co.id – Otak-otak menjadi makanan populer di Bangka. Tak heran, karena wilayah ini dikenal kaya akan hasil lautnya yang melimpah.

RESEP: Otak-otak Ikan Tenggiri untuk Penderita GERD yang Berpuasa

Hampir di setiap rumah makan atau kedai, disediakan otak-otak. Di pesisir-pesisir pantai pun, otak-otak menjadi jajanan yang tak terlewatkan. Namun, ada satu otak-otak yang selalu laris manis di Bangka, yang wajib Anda coba.

Namanya Otak-otak Ase. Menurut Ana, salah satu penjaga di toko Otak-otak Ase di Pangkal Pinang, Otak-otak Ase sudah berdiri sekitar 7 tahun. Dan kini, otak-otak paling populer di Bangka ini memiliki tiga cabang di sana.

Segarnya Gangan Ikan Khas Belitung, Asam Pedasnya Nikmat Banget

"Semua otak-otak sebenarnya rasanya sama. Kita memakai lebih banyak ikan daripada sayurnya," ujar Ana kepada VIVA.co.id di Pangkal Pinang.

Tak hanya rasanya yang enak, setiap jenis otak-otak ikan tenggiri hanya dibanderol Rp2.500 saja. Tapi, untuk yang berbahan cumi-cumi dan udang, per potongnya dihargai Rp5.000.

Menikmati Mi Khas Belitung yang Bikin Ketagihan

Menyantap otak-otak tentunya tidak lengkap tanpa menggunakan saus. Umumnya, otak-otak Bangka selalu dilengkapi dengan tiga macam saus.

"Ada sambal belacan (terasi) yang dibuat dari cabai dan ditambah belacan, ada cuka yang dibuat dari jeruk kunci dan cabai, dan sambal tauco," jelas Ana.

Beberapa jenis otak-otak yang dijual di Otak-otak Ase di antaranya otak--otak yang dibungkus daun pisang, otak-otak goreng dari kulit ikan, serta beberapa jenis pempek.

Otak-otak ini pun bisa Anda jadikan buah tangan ketika kembali ke kota asal Anda. Dan, bagi Anda yang kangen dengan rasa otak-otak nikmat ini, Anda juga bisa memesannya dan pesanan akan dikirim ke alamat Anda langsung. Untuk pengiriman luar kota, minimal pemesanan adalah 40-50 butir. (ren)


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya