Tips Hilangkan Sisa Makanan Membandel pada Alat Panggang

Alat panggang.
Sumber :
  • Pixabay/Free-Photos

VIVA.co.id – Pesta barbekyu menjadi salah satu cara seru menghabiskan momen berkumpul bersama keluarga, kerabat, dan orang-orang terdekat. Anda bisa memanggang berbagai jenis makanan, mulai dari daging, boga bahari hingga sayur-sayuran.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Setelah acara barbekyu selesai, tentu saatnya bagi Anda berbenah. Tentu saja, membersihkan alat panggang yang dipakai untuk memasak barbekyu wajib dilakukan. Kalau dibiarkan begitu saja alat panggang bisa berkarat dan cepat rusak.

Agar alat panggang kesayangan tahan lama, berikut ini sejumlah tips membersihkan alat panggang, seperti dikutip dari laman Ideal Home, Selasa 1 Agustus 2017.

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

Siram dengan air panas

Jika masih ada makanan berlemak yang tersisa atau sisa makanan yang gosong yang menempel pada alat panggang, siramlah dengan air panas. Ini akan membantu membersihkan banyak sisa-sisa makanan yang paling membandel.

Catat Mom, Trik Masak Sajian Buka Puasa dan Sahur Anti Ribet

Bersihkan dengan uap

Biarkan alat panggang mendingin sebentar sebelum Anda bersihkan. Saat sudah sedikit hangat, tutupi panggangan di kertas koran yang sudah direndam air. Tutup selama setengah jam dan uap air akan meringankan pekerjaan bersih-bersih Anda.

Gosok

Gunakan sikat dengan bulu kawat untuk menyingkirkan sisa partikel-partikel makanan. Setelah digosok, bersihkan alat panggang dengan serbet dan air sabun.

Gunakan tisu basah anti-bakteri

Ini adalah salah satu cara membersihkan alat panggang dengan cepat jika Anda tak punya banyak waktu.

Gunakan alat pembersih khusus

Pastikan alat panggang Anda tetap dalam kondisi baik. Caranya adalah membersihkannya menggunakan produk pembersih panggangan khusus setiap sehabis dipakai. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya