Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 9 Agustus 2017 | 17:39 WIB
  • Ketika Gado-gado Jadi Menu Mewah ala Fine Dining

  • Oleh
    • Tasya Paramitha,
    • Putri Firdaus
Ketika Gado-gado Jadi Menu Mewah ala Fine Dining
Photo :
  • VIVA.co.id/Putri Firdaus
Gado-gado di Ritz Carlton Kuningan, Jakarta.

VIVA.co.id – Presentasi makanan restoran berbintang dan makanan yang ditemui di pinggir jalan sudah tentu berbeda. Kali ini, bisa dibahas mengenai gado-gado.

Jika gado-gado yang ditemui di kantin sekolah, kantin kantor atau gerobak dijual dalam porsi yang cukup banyak, lain halnya dengan yang disajikan di restoran milik hotel bintang lima satu ini. Gado-gado di sini bagi banyak orang mungkin disajikan dengan porsi yang lebih sedikit, sangat sedikit, minimalis jika boleh dikatakan.

VIVA.co.id berkesempatan mencoba beberapa menu khusus Hari Kemerdekaan bertajuk 'Merdeka Moments' yang ditawarkan oleh Lobo Restaurant, Hotel Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta, salah satunya gado-gado. Menu ini dibuat oleh juru masak asal Jerman, Jan Schwittalla.

Gado-gado merupakan salah satu makanan Schwittalla saat pertama kali berkunjung ke Indonesia. Itu menjadi salah satu alasan mengapa ia menyajikan hidangan ini di perayaan ulang tahun Indonesia.

"Biasanya kita (Lobo Restaurant) menyajikan makanan Eropa, chef kita dari Jerman membuat eksperimen unik dengan makanan Indonesia. Mereka mencoba membuat masakan Indonesia dengan teknik khusus agar dapat dinikmati dengan cara eksklusif," kata Rizky Irvansyah, Director of Restaurants Ritz-Carlton Mega Kuningan, Jakarta, Rabu, 9 Agustus 2017.

Dari presentasinya, seperti yang disebutkan di atas, sangat minimalis. Tidak ramai dengan sayuran dan saus kacang di atasnya. Terdapat dua item yang tersaji di atas piring. Lapis sayur dan satu telur dengan serundeng di atasnya.

Untuk telur, tidak direbus, melainkan disajikan soft-cooked (onsen). Namun, bagian luar telur terlihat seolah digoreng atau mirip dengan perkedel kentang. Saat disendok, kuning telur yang masih cair langsung lumer di piring. Rasa telur ini sangat lembut dan tidak amis, semakin nikmat ditambah dengan saus kacang.

Untuk sayuran, disajikan membentuk satu garis panjang. Lapis sayur, jika boleh menamainya demikian. Seperti pada gado-gado pada umumnya, terdapat labu, tauge, wortel dan kacang panjang yang sudah direbus terlebih dahulu.

Saus kacang akan disajikan secara terpisah. Ini sengaja dilakukan agar pelanggan dapat menambahkannya sesuai selera.

Menu ini tersedia mulai 14-18 Agustus 2017. Gado-gado ini disajikan sebagai appetizer ditemani empat set menu lain yaitu Gulai Ayam, Pepes Ikan, Rendang dan Es Cendol. Harga 5 set menu ini dibanderol Rp499 ribu++/orang.