Apa Sih Bedanya Thai Tea dan Teh Tarik?

Ilustrasi teh susu/teh tarik.
Sumber :
  • Pixabay/StockSnap

VIVA.co.id – Thai tea sudah tidak asing di lidah banyak kalangan muda di Indonesia, ibu kota khususnya. Teh ini dapat ditemui di hampir setiap sudut kota.

Mitos atau Fakta Minum Teh Saat Berbuka Puasa Bisa Merusak Ginjal

Jika sudah mencicipi, barangkali Anda beranggapan bahwa teh tersebut memiliki rasa yang tidak jauh beda dengan teh tarik atau teh susu.

Anda tidak sendirian karena salah satu celebrity chef ini pun berpendapat demikian. Chef Yuda Bustara membenarkan hal tersebut. Namun, sebenarnya terdapat sedikit perbedaan antara Thai Tea dan teh tarik atau teh susu.

Polisi Geledah Truk Angkut Minuman Teh Kemasan, Ternyata Berisi 52 Kg Sabu

Perbedaannya terdapat pada bahan yang digunakan untuk membuat teh tersebut. Thai tea menggunakan teh hitam khusus yang berasal dari Thailand kemudian dicampur dengan rempah-rempah seperti vanila dan bunga lawang.

"Beda tehnya. Thai Tea campuran teh hitam dikasih rempah star anise (bunga lawang), sama vanila, biasanya pakai pewarna oranye. Teh ini ada rasa rempah-rempahnya," kata Chef Yuda saat ditemui seusai final kompetisi #DapurLazada di Almond Zucchini, Jakarta, Senin, 21 Agustus 2017.

Croissant Cereal, Kudapan Viral Sajikan Rasa Manis Asin yang Berpadu Harmonis

Thai tea memang memiliki campuran rempah-rempah. Namun, rasanya barangkali tidak terlalu kuat karena sudah dicampur dengan susu.

"Rasanya enggak jauh sama teh tarik, cuma ada rasa vanila dan manis," tambah dia.

Namun, mengenai warna, kata Chef Yuda, saat ini pemerintah Thailand sudah melarang pemakaian pewarna dalam makanan sehingga kemungkinan Anda akan menemukan Thai Tea yang warnanya hampir atau bahkan sama dengan teh susu atau teh tarik biasa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya