Ada Coto Makassar di Bali, Murah dan Bikin Nagih

Coto Makassar di Bali
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bobby Andalan

VIVA.co.id – Bagi Anda yang tengah berlibur di Bali, Anda tak mesti melulu menikmati wisata alam dan budayanya, namun juga wisata kulinernya. Ya, sebagai destinasi wisata dunia, Pulau Bali memang menyajikan beragam wisata kuliner yang bisa Anda nikmati kapan pun.

Ada Resep Ramah Vegetarian, Ini 3 Resep Coto Makassar

Tak hanya kuliner lokal asli olahan masyarakat Bali, namun Anda juga bisa menikmati beragam kuliner dari berbagai daerah di Pulau Dewata. Tak sulit memang menemukan beragam kuliner Nusantara di Pulau Seribu Pura ini, salah satunya adalah Coto Makassar.

Bagi Anda yang rindu dengan kudapan berisi kuah dan daging sapi ini, Anda bisa berkunjung ke warung makan Coto Makassar Sudirman yang terletak di Komplek Pertokoan Sudirman Agung 16/F Jalan PB Sudirman, Denpasar.

Sate Susu, Kuliner Paling Viral saat Ramadhan di Bali

Warung yang buka pukul 09.00 WITA dan tutup pukul 21.00 WITA itu menyajikan beragam kuliner khas Kota Daeng. Salah satu yang digemari oleh pengunjung adalah Coto Makassar. Soal isinya, Anda bisa memilih sendiri, daging murni, campur jeroan atau jeroan murni. Rasanya, sudah barang tentu menggoyang lidah.

Biasanya, Coto Makassar disajikan bersama buras atau ketupat. Ditambah sambal sedikit dan kecap manis, rasanya semakin membuat kita lahap menyantapnya.

Resep Mudah Bikin Coto Makassar di Rumah

Coto Makassar di Bali

Cara Membuat

Soal cara membuatnya, pertama sediakan bahan-bahan seperti daging sapi, babat, jantung, dan hati. Rebus bahan-bahan tersebut hingga matang. Setelah matang, tiriskan bahan itu lalu potong kotak dadu. Sekarang panaskan minyak, masukkan bumbu lengkap seperti cabai, bawang merah dan bawang putih, tauco, garam, mesin, kemiri, gula merah, ketumbar, jintan, dan merica.

Masukkan pula kacang tanah yang sudah digoreng dan dihaluskan. Setelah matang, masukkan jahe, lengkuas, serai, daun salam, air beras, kaldu sapi dan minyak sayur. Coto Makassar siap disajikan.

Divi, seorang pengunjung mengaku sudah lama menjadi langganan Coto Makassar Sudirman. Menurutnya, rasa Coto Makassar di sini cocok dengan selera kulinernya.

"Rasanya pas di lidah. Saya bersama keluarga sudah sejak lama langganan di sini. Harganya juga pas di kantong," kata Divi yang datang bersama suami dan anaknya.

Soal harga, satu mangkuk Coto Makasar dibanderol seharga Rp23 ribu. Sementara Sup Konro Rp45 ribu, buras Rp3 ribu, ketupat Rp2 ribu, dan nasi putih Rp5 ribu. Untuk minuman, es pisang hijau Rp15 ribu, es jeruk Rp8 ribu, es teh Rp6 ribu.

Anda tertarik mencobanya? Silakan datang dan nikmati kelezatan Coto Makassar Sudirman. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya